Shadian, sebuah kampung kecil di Yunnan, Cina

Iman adalah seorang mualaf Tionghoa dari Singapura. Dia sebelumnya berbagi kisahnya konversi, dan baru-baru, dia Ramadhan dan Idul Fitri pengalaman. Dia saat ini relawan di Darul Arqam, di mana ia menasihati orang yang baru bertobat dan mengajarkan mereka tentang Islam dan doa.


Oleh. Iman Wong

Pada bulan Mei tahun ini, saya diundang oleh salah satu mahasiswa saya di kelas Cina, Suster Aisha Ma Wan Ting untuk mengunjungi tanah airnya di Shadian, Yunnan. Tentu saja aku menangkap peluang tersebut dan itu benar-benar pembuka mata bagi saya, Masya Allah.

Shadian adalah kota yang sangat kecil dengan populasi sekitar 15.000 Muslim Hui yang seperempat orang Han, yang non-Muslim. Ada 11 masjid di Shadian, dengan Masjid Agung Shadian menampung 10.000 orang. Kota Shadian adalah Muslim Hui 90%, dengan sisanya adalah buruh migran non-Muslim yang bekerja di bidang pertanian dan pertambangan.

Ketika saya tiba di Kunming, Aisha dan ayahnya, Ali, datang untuk menjemput saya. Perjalanan dari Kota Kunming ke Shadian waktu dua jam dengan mobil. Segera setelah saya tiba Sha dian, aku bisa melihat banyak lahan pertanian dan toko-toko kecil kecil yang menjual barang-barang Islam, makanan halal dan bahan makanan. Saya terkejut, di sepanjang jalan, Anda bisa lihat gated kompleks rumah berjajar padat di kedua sisi jalan dan juga banyak perempuan Muslim, tua dan muda, di jilbab mereka mengendarai mobil atau naik sepeda motor, Masya Allah!

Panggilan Keras doa bisa didengar melalui pengeras suara. Aisha dan keluarganya kemudian bergegas ke masjid untuk salat berjamaah dengan Imam (mereka memiliki empat imam!). The Grand Mosque terletak tepat di belakang rumah mereka sehingga pada sebagian besar malam aku ada di sana, dia akan membawa saya ke Masjidil Haram untuk shalat Maghrib. Saya juga harus bertemu saudara Muslim di sana selama sesi berbagi.

The Grand Mosque merupakan masjid terbesar di provinsi ini. Selama tahun-tahun terakhir Dinasti Qing dan tahun-tahun awal Dinasti Ming, beberapa siswa Muslim Cina muda pergi ke Mesir untuk belajar di Al-Azhar University di Kairo dan sekitar seratus orang berziarah ke Mekah. Untuk alasan ini, Shadian meraih gelar "Little Mekkah di Yunnan Selatan" pada waktu itu.

Saya terkesan dengan saudara Muslim - mereka begitu dalam melekat pada Islam dan kasih kita Nabi Muhammad saw Bahkan, mereka begitu aktif di masjid-masjid yang mereka mendirikan sebuah bagian perempuan Muslim di mana mereka melakukan kelas agama dan Quran kelas membaca. Kebanyakan dari mereka adalah ibu rumah tangga menjaga anak-anak mereka dengan bantuan orang tua atau orang tua mertua mereka.

Suatu malam, saya diundang untuk memberi ceramah singkat untuk hanya saudara Muslim konversi saya serta kegiatan Darul Arqam (The Muslim Mengkonversi Association of Singapore) di Masjidil Haram, di mana saya disambut dengan ketulusan dan kehangatan


Selama saya tinggal, saya juga mengunjungi Monumen Nasional, dibangun untuk menghormati umat Islam Hui 1000 tewas dalam insiden Shadian 1975. Saya mengunjungi pasar basah di mana segar halal daging, sayuran dan buah-buahan yang dijual. Aku bahkan mencicipi favorit saya sarapan pagi: segar minuman kacang kedelai dan yau tiao (goreng). Tidak ada kenaikan tinggi pusat perbelanjaan atau makanan pengadilan, namun toko-toko individu hanya kecil yang menjual pakaian, sepatu, tas, pakaian Islam, jilbab dan aksesoris. Aku bahkan menemukan toko buku Islam di samping Masjidil Haram (milik salah satu imam) menjual banyak buku Cina Islam pada harga yang wajar.

Tinggal bersama keluarga Aisha, saya menemukan mereka seperti happy family erat, Alhamdulillah. Adiknya Sulaiman, hanya 4 tahun, menghadiri madrasah anak-anak dan bisa berdoa dan membaca banyak ayat dari Al-Qur'an. Ibu Aisyah, Mdm Fatima Ma, mengajarkan anak-anak bagaimana membaca Quran sebagai sukarelawan sementara ayahnya, Mr Ali Ma, menjalankan bisnis sendiri dalam industri logam. Mdm Fatima Ma juga seorang juru masak yang baik - spesialisasinya adalah mie lintas jembatan dengan irisan daging sapi. Lezat

Sejauh ini keluarga Sis Aisha membawa saya ke salah satu restoran halal Muslim di mana mereka melayani makanan besar: goreng daging sapi dengan bawang, ayam kung pao, pangsit, domba direbus, steam ayam putih, mie daging sapi direbus dan dikukus kacang direbus


Keramahan mereka semacam membuat saya tinggal kenangan memang. Semoga Allah SWT. menghargai mereka berlimpah. Apa yang membuat Shadian sebuah tempat khusus adalah tanpa diragukan lagi Islam, yang menyatukan masyarakat. Seluruh kota baik meletakkan-out dan diurus dengan baik, dan orang-orang yang baik terlihat bangga dan sangat ramah satu sama lain, dan untuk saya juga. Shadian indah dan oasis Islam Yunnan, hanya seperti sebuah kampung kecil (desa).