Nasr al- Din ( Persia : نصرالدین ; Cina:纳 速 剌 丁, pinyin : Na - su -la - Ding ) ( wafat 1292 ) adalah seorang gubernur provinsi Yunnan selama dinasti Yuan , dan merupakan putra Sayyid Ajjal Shams al- Din Omar .
Hidup
Nasr al- Din berasal dari Asia Tengah , menjadi Khwarezmian Muslim dari Bukhara . Ayahnya adalah pemimpin terkemuka Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar . Ketika Genghis Khan menyerang kota selama perang antara Syah Khwarizmi dan Mongol , keluarga Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar kalah dan menyerah kepada Kekaisaran Mongol. Sayyid Ajjal menjabat di pengadilan Kekaisaran Mongol . Kemudian, Sayyid Ajjal menjabat dan bertanggung jawab atas keuangan Imperial tahun 1259 , [ 2 ] selanjutnya dikirim ke Yunnan (China) oleh Kubilai Khan setelah menaklukkan Kerajaan Dali tahun 1274 M.
Pada abad ketiga belas pengaruh orang-orang(pejabat) Muslim sangat besar pada kekaisaran Mongol , terutama Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan AD 1279 . Keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslim di Cina . [ 3 ]
Nasr al- Din diidentifikasi sebagai nenek moyang dari garis keturunan banyak suku Hui Cina di masyarakat Hui Panthay Yunnan serta di Ningxia dan provinsi Fujian .
Sebuah legenda Hui di Ningxia terdapat empat nama keluarga(marga) umum di wilayah tersebut - Na , Su , La , dan Ding - . Dengan Nasr al- Din ( Nasruddin ) , yang " dibagi " nama nenek moyang mereka ( Nasulading , dalam bahasa Cina ) di antara mereka sendiri [ 4 ] [ 5 ] Marga Ding Chendai , Fujian mengklaim keturunan dari Nasr al- Din ( Nasruddin ). [ 6 ] keluarga(marga) Ding memiliki cabang di Taiwan , Filipina , dan Malaysia antara diaspora masyarakat Cina di sana , tidak lagi mempraktikkan Islam tapi masih mempertahankan identitas Hui .
Marco Polo mengklaim bahwa Nasr al- Din adalah seorang komandan(panglima perang) Mongol yang menginvasi Burma tahun 1277 M dan mengalahkan Burma dalam perang tersebut. [ 7 ] Marco Polo mencatat namanya sebagai " Nescradin " . [ 8 ] [ 9 ] Klaim ini oleh Marco Polo adalah kurang akurat.
The widspread Kehadiran Islam di Yunnan adalah karena Nasir Al - Din dan ayahnya Sayyid Ajall . [ 1 ]
Nasr menjadi gubernur Yunnan setelah ayahnya gubernur pertama dari Yunnan meninggal dunia. [ 10 ] memerintah di kantornya tahun 1279-1284 . [ 11 ] Ia dikirim untuk berpartisipasi dalam invasi Mongol 1284 M ke Burma , yang menyebabkan masa jabatannya sebagai gubernur berakhir . [ 12 ]
Nasr juga seorang pejuang pribumi yang mempunyai sebutan" Gigi Emas " oleh orang di Yunnan , dan Vietnam selama invasi Mongol ke Annam . Marco Polo telah salah dalam mengklaim Nasr yang ikut berpartisipasi dalam serangan 1277 di Burma , faktanya Nasr bertempur pada tahun 1284 M dalam invasinya. Kemudian dia dipindahkan ke Shaanxi dan ditunjuk sebagai gubernur disana[ 13 ] .
Jasanya sebagai Gubernur berakhir dalam kematiannya pada tahun 1292 . Husain , saudara laki-laki , lalu menjadi gubernur berikutnya . ( Dalam Yunnan ) [ 14 ]
Keluarga
Ayah Nasr al- Din adalah Gubernur Yunnan yaitu Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar , yang nama Cina-nya adalah Sai - dien - ch'i . Nama Nasr al- Din dalam bahasa Cina adalah " Na - su - la- ding " .
Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , yaitu .纳 速 剌 丁Na -su - la- ding ( Nasr - uddin ) ,哈 散Hasan ( Hassan ) ,忽 辛Hu -sin ( Hussein ) ,剌 丁 兀 默里Shan - su - ding wu - mo - li dan马速 忽Ma - su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang .
Na- su -la - ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan交趾Kiao - chi ( Cochin - Cina ) dan缅Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra ^ nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu .伯 颜 察 儿Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi ,乌马 儿Wu - ma - r ,答 法 儿DJE - fa - r ( Djafar ) ,忽 先Hu - sien ( Hussein ) dan沙的Sha -di ( Saadi ) .
Sai - dien - ch'i dalam penulisan Cina tidak diragukan lagi merupakan tokoh yang sama, yang diucapkan oleh Rasyid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara (Samarkand), dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . Anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang(Yunnan China) , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , Rashid menulis sekitar tahun 1300 M, dan mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelumnya ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . Anak Nasr-uddin yang Abubeker(Abu Bakar dalam bahasa Arab) , yang memiliki nama Bayan Fenchan (Boyen Ch'a - r dari catatan yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Bashid menulis . Dia juga menanggung(mewarisi) gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan Menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr-uddin disebutkan oleh Marco Polo , dengan sebutannya “Nescradin” ( vol. ii , hlm. 66 ) [ 15 ] [ 16 ] [ 17 ] .
Catatan kaki
Artikel ini memuat teks dari Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam , oleh Sir Thomas Walker Arnold , sebuah publikasi dari 1896 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Orang-orang China : buku pedoman tentang China ... , oleh Arthur Evans Moule , sebuah publikasi dari tahun 1914 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Journal of North Branch dari Cina Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Pemberitahuan geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat , oleh E. Bretschneider , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Journal of Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Utara Cabang , Shanghai Royal Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Cabang , Shanghai Sastra dan Ilmiah Society, sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
^ Langsung ke : b M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Meskipun Saiyid -i Adjall tentu saja banyak untuk penjalaran Islam di Yunnan , itu adalah anaknya Nasir al- Din kepada siapa dianggap berasal kredit utama untuk penyebarannya Dia adalah seorang menteri dan pada awalnya diatur provinsi Shansi : . Ia kemudian menjadi gubernur Yunnan di mana ia meninggal pada tahun 1292 dan digantikan oleh Husain saudaranya . Hal ini tidak bisa terlalu kuat menekankan bahwa arah gerakan ini adalah dari interior , dari utara . The Muhammad koloni di pantai hampir tidak terpengaruh oleh itu . di sisi lain dapat diasumsikan bahwa Muslim Yunnan tetap selalu berkomunikasi dengan orang-orang dari provinsi utara Shaanxi dan Gansu . "
Rujukan ^ Sir Thomas Walker Arnold (1896 ) . Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam . WESTMINSTER : A. Constable dan co . p . 248 . Diakses 2011-05-29 . " beberapa Muhammadans juga menduduki posisi penting di bawah Khaqaans Mongol : seperti itu ' Abdu - r Rahman , wh9o pada 1244 diangkat menjadi kepala keuangan Imperial dan memungkinkan untuk peternakan pajak yang dikenakan pada Cina 1 , dan Sayyid ajal , yang berasal dari Bukhara , kepada siapa Khubilay Khan , pada aksesi pada tahun 1259 , mempercayakan pengelolaan keuangan Imperial , ia meninggal pada 1270 , meninggalkan reputasi tinggi untuk kejujuran , dan digantikan oleh yang lain bernama Muhammad Ahmad , yang di sisi lain meninggalkan di belakangnya reputasi sangat kebalikan dari itu dari pendahulunya . " ( Asli dari University of California )
Rujukan ^ Arthur Evans Moule ( 1914) . Orang-orang China : buku pedoman tentang Cina .... LONDON : Masyarakat untuk Mempromosikan Pengetahuan Kristen , Northumberland Avenue WC : 43 Queen Victoria Street. E.C. : Masyarakat untuk mempromosikan pengetahuan Kristen. p . 317 . Diakses 17 Juli 2011 . " Masjid mereka di Ganfu (Canton ) selama dinasti Tang ( 618-907 M ) yang pasti, dan kemudian mereka menyebar ke Ch'iian - chou dan Kan - P'u , Hangchow , dan mungkin Ningpo dan Shanghai . ini tidak memberitakan atau dakwah terobosan , tetapi perusahaan komersial , dan di paruh kedua abad kedelapan ada pasukan muslim di Shaanxi, 3.000 laki-laki , di bawah Abu Giafar , datang untuk mendukung Kaisar digulingkan pada tahun 756 . pada abad ketiga belas pengaruh Muslim individu sangat besar , terutama yang dari Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan AD 1279 . keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslim di Cina . Kehadiran elemen muslim di Cina yang paling banyak di Yunnan dan Kansu , . dan paling terpelajar Islam berada terutama di Ssuch'uan , sebagian besar buku-buku mereka yang dicetak di ibukota , Ch'eng - tu Kansu mungkin yang paling dominan provinsi Islam di Cina , dan di sini banyak sekte yang berbeda ditemukan , dan masjid dengan menara yang digunakan oleh muadzin ortodoks panggilan shalat , dan di satu tempat wanita berkerudung bertemu dengan . ini, bagaimanapun , tidak Turki atau Saracen , tetapi untuk . sebagian besar murni Cina The total populasi Muslim adalah mungkin di bawah 4.000.000 , meskipun perkiraan statistik lain , selalu tidak pasti di China , bervariasi 30-10 juta , tetapi angka yang diberikan di sini adalah yang paling dapat diandalkan saat ini dapat diperoleh , dan bila diingat bahwa Islam di Cina belum ke sebagian besar sebuah khotbah atau kekuasaan oleh propagandis " ( Asli dari Universitas Harvard )
^ Dillon , Michael (1999 ) . Komunitas Hui Muslim Cina : migrasi , pemukiman dan sekte . Routledge . p . 22 . ISBN 0-7007-1026-4 .
Rujukan ^ ( ) Meaghan Morris , Brett De Bary , ed . ( 2001) . " Race" panik dan memori migrasi . Volume 2 dari Jejak ( Ithaca , N.Y. ) . Hong Kong University Press . p . 297 . ISBN 962-209-561-5 . Diakses 20 Desember 2011 . " Selain para prajurit dan pejabat yang tiba dengan pasukan Mongol di Yunnan pada tahun 1253 Muslim , banyak Muslim lainnya menetap di sini juga , dan dalam 50 tahun penduduk Muslim di wilayah itu cukup besar untuk diperhatikan oleh Rashid al- din ( sejarawan Persia ) dan Marco Polo dalam tulisan mereka ... di antara dua belas putra Sayyid ' Ajall dan banyak cucu , banyak disajikan di seluruh China dan ada komunitas Muslim yang tersebar di seluruh negeri yang bisa melacak silsilah mereka kembali kepadanya . jumlah terbesar , bagaimanapun, tetap di Yunnan . putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ding ) , juga mengadakan jabatan tinggi di Yunnan , dan umumnya dikreditkan dengan menyediakan sumber untuk Han Cina nama keluarga tradisional bahwa semua Muslim diwajibkan oleh negara untuk mengadopsi selama periode Ming (1368-1644 ) . Dalam Yunnan , setelah Ma ( nama keluarga yang berasal dari transliterasi dari nama Nabi Muhammad ) nama keluarga yang paling umum bagi umat Islam adalah Na , Su , La , dan Ding . "
Rujukan ^ Angela Schottenhammer (2008 ) . Angela Schottenhammer , ed . The Asia Timur Mediterania : Crossroads Maritime Kebudayaan , Perdagangan dan Migrasi Manusia . Otto Harrassowitz Verlag . p . 123 . ISBN 3-447-05809-9 . Diakses 2010-06-28 .
Rujukan ^ Greville Stewart Parker Freeman - Grenville , Stuart C. Munro - Hay ( 2006) . Islam : sejarah ilustrasi ( berilustrasi, direvisi ed . ) . Continuum International Publishing Group . p . 226 . ISBN 0-8264-1837-6 . Diakses 17 Juli 2011 . " Yunnan - Putranya Nasr al abad kemudian ditakdirkan untuk mencapai otonomi singkat sebagai pemberontak ~ negara Muslim mengatakan, setelah penaklukan Mongol , telah diberikan kepada Sayyid Ajall Syams al - Din ' Umar sebagai gubernur , yang memperkenalkan Islam di sana. kemenangan - Din atas raja Mien ( Burma , sekarang Myanmar ) telah dicatat oleh Marco Polo ( 1277 ) "
Rujukan ^ M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Cingiz Khan mengambil sebagai salah satu perwiranya seorang pria yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi , yaitu Syams al - Din ' Omar , yang dikenal sebagai Saiyid -i Adjall ... dengan pemberitahuan dari anak-anaknya Nasir al- Din, Nescradin Marco Polo , dan Husain ... Menurut Fa - Hsiang , Saiyid -i Adjall adalah keturunan kelima dari Su tertentu Fei - erh ( Sufair ? ) dan 26 sesuai dari Nabi .. . menunjuknya sebagai gubernur Yunnan untuk memulihkan ketertiban di sana. Ia kemudian juga diberi gelar kehormatan " Pangeran Hsien yang " . Dia meninggalkan lima putra dan sembilan belas cucu . Lepage benar meragukan keaslian dari tabel silsilah di Fa - Hsiang ... menurut laporan yang biasa Saiyid -i Adjall datang berasal dari Bukhara dan diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 , ia dimakamkan di Wo - erh - ke dekat modalnya Makamnya di sini dengan prasasti yang pertama kali ditemukan oleh d ' . Ollone ekspedisi dan membangkitkan minat besar terutama aas ada makam kedua, juga dengan tulisan , di Singan - fu . sekarang sudah dipastikan bahwa kuburan kedua di Shensi adalah tugu peringatan yang hanya berisi pengadilan gaun gubernur mati .. . antara keturunan lanjut dapat disebutkan Ma Chu ( c. 1630-1710 ) ( dalam generasi keempat belas ) yang adalah seorang cendekiawan dan menerbitkan karya terkenalnya " The Magnetic Needle Islam " pada tahun 1685 , ia mengawasi renovasi makam dan kuil leluhurnya Saiyid -i Adjall , salah satu prasasti di makam adalah olehnya kepala sekarang keluarga adalah Na Wa - Ch'ing , Imam sebuah masjid di provinsi ini ( d' Ollone , p 182 . . ) "
Rujukan ^ ( ) E. J. van Donzel ( 1994) . E. J. van Donzel , ed . Meja referensi Islam ( ilustrasi ed . ) . BRILL . p . 67 . ISBN 90-04-09738-4 . Diakses 20 Desember 2011 . " Genghis Khan mengambil sebagai salah satu petugas bernama Syams al- Din ' Umar , yang dikenal sebagai Sayyid -i Ajall , yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi . Menurut laporan biasa, Sayyid -i Ajall diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 kredit utama bagi penyebaran Islam di Yunnan dianggap berasal dari putra Sayyid -i Ajall itu , Nasir al- Din ( yang Nescradin dari Marco Polo , . d 1292 ) . . Sebuah keturunan selanjutnya adalah Ma Chu ( ca. 1630-1710 ) yang terkenal yang diterbitkan bekerja , yang disebut " The Magnetic Needle Islam " . "
Rujukan ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 385 . Diakses 20 Desember 2011 . " Pada kematiannya ia digantikan oleh putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ting , yang " Nescradin " Marco Polo ) , yang memerintah antara 1279 dan Yunnan I284 . Sementara Arab dan Muslim Asia Selatan , pelopor perluasan maritim Islam di Teluk Benggala , harus mengunjungi "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Indiana ) Institut Urusan Minoritas Muslim ( 1986) . Jurnal , Volume 7 . King Abdulaziz University. Diakses 20 Desember 2011 . " Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ting , yang " Nescradin " Marco Polo ) , yang memerintah antara 1279 dan Yunnan 12844 . Sementara Arab dan Muslim Asia Selatan , pelopor perluasan maritim Islam di Bay Bengal , harus mengunjungi "
Rujukan ^ ( ) Thant Myint - U ( 2011 ) . Dimana China Bertemu India : Burma dan Crossroads Baru Asia . Macmillan . ISBN 1-4668-0127-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Dengan cara ini , Yunnan itu diketahui oleh dunia Islam . Ketika Sayyid Ajall meninggal pada 1279 ia digantikan oleh putranya Nasir al- Din yang memerintah selama lima tahun dan memimpin invasi Burma . Adiknya menjadi Komisaris Transportasi dan seluruh keluarga bercokol pengaruh mereka . "
Rujukan ^ ( ) Stephen G. Haw ( 2006) . Marco Polo China : Venetian di ranah Khubilai Khan . Volume 3 dari Routledge studi dalam sejarah awal Asia ( ilustrasi ed . ) . Psikologi Press. p . 164 . ISBN 0-415-34850-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Nasir al- Din ( Nasulading ) adalah anak tertua dari Sa'id Ajall Syams al - Din ( lihat Bab 7 ) dan mengikuti ayahnya dalam memegang jabatan tinggi dalam pemerintahan Yunnan . Ia memimpin kampanye untuk menundukkan berbagai bangsa provinsi , termasuk Gigi Emas , dan juga memerintahkan invasi Mien dan mengambil bagian dalam pertempuran di Annam . dia dihadiahi gelar dan hadiah uang untuk kehebatannya . pada tahun 1291 , ia pindah ke pemerintah provinsi Shaanxi , tapi meninggal . penyakit pada tahun berikutnya ( YS : liezhuan 12 , 1936) Dia tidak , pada kenyataannya , perintah tentara Mongol yang mengalahkan invasi oleh Raja Mien pada tahun 1277 , sebagai Marco negara ( MP / Lathan : 185 ; MP / Hambis : 310 ) . Dia, bagaimanapun , memimpin serangan terhadap Mien segera setelah itu yang ditindaklanjuti kekalahan tentara Raja ( lihat Bab 7 ) . "
Rujukan ^ ( ) Raphael Israel ( 2002) . Islam di Cina : agama, etnis , budaya , dan politik . Lexington Books . p . 284 . ISBN 0-7391-0375 - X . Diakses 20 Desember 2011 . " Sayyid Adjall mungkin melakukan banyak untuk penyebaran Islam di Yunnan , tetapi anaknya Nasir al- Din yang diberi kredit utama untuk penyebarannya di sana. Yang terakhir telah Gubernur Shenxi , dan ketika ia meninggal di Yunnan sebagai gubernur ada tahun 1292 , ia digantikan oleh Husain saudaranya . putra lain Sayyid Adjall dan anak-anak mereka pada gilirannya memegang jabatan tinggi di bawah kaisar Yuan , dan keluarga tetap terkenal di kehidupan orang Tionghoa . demikian terkenal sarjana Ma Zhu ( Mazhu ) ( ca . 1630-1710) diawasi renovasi "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang ( 1876 ) . Jurnal Cabang Utara - Cina dari Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Cabang . p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , dalam shi Yuan , chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , Na - su - la- ding ( yaitu Nasr - uddin ) , Ha - san ( Hassan ) , Hu -sin ( Hussein ) , Shan - su - ding su - mo - li dan Ma -su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang . Nasu -la - ding memiliki biografi terpisah bab yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan Kiao - chi ( Cochin - cina ) dan Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi , Wu - ma - r , DJE - fa - r ( Djafar ) , Hu - sien ( Hussein ) dan Sha -di ( Saadi ) The Sai - dien - ch'i penulis Cina . tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh liashid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . menurut Persia sejarawan , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai ini ho telah bertanggung jawab atas keuangan . anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . anak Nasr - uddin yang Ahubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Bashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . 44 . Dalam chap , exxiii dari Yuan shi, kita menemukan biografi A - la- icu - r - sze , yang menyatakan ada telah menjadi Hui - ho dan pribumi dari Ba - wa - r (mungkin Baurd sebuah kota Khorassan yang saya akan berbicara lebih jauh, dalam Bagian VI ) . dia adalah komandan seribu di negerinya sendiri . Ketika Chinghiz tiba di Ba - wa - r , ia menyerah dan memasuki pasukannya . anaknya A - la- wu - ding ( Alai - Eddin ) adalah pejuang gagah berani dalam tentara Kubilai itu . Dia meninggal pada tahun 1292 , pada usia seratus dua . "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) E. Bretschneider ( 1876 ) . Pemberitahuan dari geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat. London : Trübner & co . p . 48 . Diakses 20 Desember 2011 . " Ada sebuah biografi panjang Sai - dien - ch'i , dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan diadakan kantor lain . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , di Yuan shi, chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i adalah disebutkan , yaitu Na -su -to - ding ( Nasr - uddin ) , Ha - san ( Hassan ) , Hu -sin ( Hussein ) , Shan - su - ding wu - moli dan Ma -su - hu . Semua ini terangkat tinggi kantor . Na -su -la - ding memiliki biografi terpisah di bab yang sama . Ha gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan 3jg g £ Kiad - chi ( Cochin - cina ) dan Mien jgg ( Burma ) . Dia meninggal pada 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi , Wu - ma - r , DJE yaitu . - fa - r ( Djafar ) , Hu - sien ( Hussein ) dan Sha -di ( Saadi ) . Sai - dien - ch'i penulis Cina adalah tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh Hashid ( D' Ohsson , tom , Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia diangkat ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid EdjelI . wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . putra Nasr - uddin yang Abubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , adalah gubernur Zaitun di waktu Rashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , tom , ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . "
Rujukan ^ ( Asli dari University of Michigan ) Jurnal Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Kelly & Walsh . 1876. p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 .
Referensi & terjemahan: http://en.wikipedia.org/wiki/Nasr_al-Din_%28Yunnan%29
Hidup
Nasr al- Din berasal dari Asia Tengah , menjadi Khwarezmian Muslim dari Bukhara . Ayahnya adalah pemimpin terkemuka Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar . Ketika Genghis Khan menyerang kota selama perang antara Syah Khwarizmi dan Mongol , keluarga Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar kalah dan menyerah kepada Kekaisaran Mongol. Sayyid Ajjal menjabat di pengadilan Kekaisaran Mongol . Kemudian, Sayyid Ajjal menjabat dan bertanggung jawab atas keuangan Imperial tahun 1259 , [ 2 ] selanjutnya dikirim ke Yunnan (China) oleh Kubilai Khan setelah menaklukkan Kerajaan Dali tahun 1274 M.
Pada abad ketiga belas pengaruh orang-orang(pejabat) Muslim sangat besar pada kekaisaran Mongol , terutama Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan AD 1279 . Keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslim di Cina . [ 3 ]
Nasr al- Din diidentifikasi sebagai nenek moyang dari garis keturunan banyak suku Hui Cina di masyarakat Hui Panthay Yunnan serta di Ningxia dan provinsi Fujian .
Sebuah legenda Hui di Ningxia terdapat empat nama keluarga(marga) umum di wilayah tersebut - Na , Su , La , dan Ding - . Dengan Nasr al- Din ( Nasruddin ) , yang " dibagi " nama nenek moyang mereka ( Nasulading , dalam bahasa Cina ) di antara mereka sendiri [ 4 ] [ 5 ] Marga Ding Chendai , Fujian mengklaim keturunan dari Nasr al- Din ( Nasruddin ). [ 6 ] keluarga(marga) Ding memiliki cabang di Taiwan , Filipina , dan Malaysia antara diaspora masyarakat Cina di sana , tidak lagi mempraktikkan Islam tapi masih mempertahankan identitas Hui .
Marco Polo mengklaim bahwa Nasr al- Din adalah seorang komandan(panglima perang) Mongol yang menginvasi Burma tahun 1277 M dan mengalahkan Burma dalam perang tersebut. [ 7 ] Marco Polo mencatat namanya sebagai " Nescradin " . [ 8 ] [ 9 ] Klaim ini oleh Marco Polo adalah kurang akurat.
The widspread Kehadiran Islam di Yunnan adalah karena Nasir Al - Din dan ayahnya Sayyid Ajall . [ 1 ]
Nasr menjadi gubernur Yunnan setelah ayahnya gubernur pertama dari Yunnan meninggal dunia. [ 10 ] memerintah di kantornya tahun 1279-1284 . [ 11 ] Ia dikirim untuk berpartisipasi dalam invasi Mongol 1284 M ke Burma , yang menyebabkan masa jabatannya sebagai gubernur berakhir . [ 12 ]
Nasr juga seorang pejuang pribumi yang mempunyai sebutan" Gigi Emas " oleh orang di Yunnan , dan Vietnam selama invasi Mongol ke Annam . Marco Polo telah salah dalam mengklaim Nasr yang ikut berpartisipasi dalam serangan 1277 di Burma , faktanya Nasr bertempur pada tahun 1284 M dalam invasinya. Kemudian dia dipindahkan ke Shaanxi dan ditunjuk sebagai gubernur disana[ 13 ] .
Jasanya sebagai Gubernur berakhir dalam kematiannya pada tahun 1292 . Husain , saudara laki-laki , lalu menjadi gubernur berikutnya . ( Dalam Yunnan ) [ 14 ]
Keluarga
Ayah Nasr al- Din adalah Gubernur Yunnan yaitu Sayyid Ajjal Syams al - Din Omar , yang nama Cina-nya adalah Sai - dien - ch'i . Nama Nasr al- Din dalam bahasa Cina adalah " Na - su - la- ding " .
Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , yaitu .纳 速 剌 丁Na -su - la- ding ( Nasr - uddin ) ,哈 散Hasan ( Hassan ) ,忽 辛Hu -sin ( Hussein ) ,剌 丁 兀 默里Shan - su - ding wu - mo - li dan马速 忽Ma - su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang .
Na- su -la - ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan交趾Kiao - chi ( Cochin - Cina ) dan缅Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra ^ nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu .伯 颜 察 儿Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi ,乌马 儿Wu - ma - r ,答 法 儿DJE - fa - r ( Djafar ) ,忽 先Hu - sien ( Hussein ) dan沙的Sha -di ( Saadi ) .
Sai - dien - ch'i dalam penulisan Cina tidak diragukan lagi merupakan tokoh yang sama, yang diucapkan oleh Rasyid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara (Samarkand), dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . Anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang(Yunnan China) , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , Rashid menulis sekitar tahun 1300 M, dan mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelumnya ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . Anak Nasr-uddin yang Abubeker(Abu Bakar dalam bahasa Arab) , yang memiliki nama Bayan Fenchan (Boyen Ch'a - r dari catatan yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Bashid menulis . Dia juga menanggung(mewarisi) gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan Menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr-uddin disebutkan oleh Marco Polo , dengan sebutannya “Nescradin” ( vol. ii , hlm. 66 ) [ 15 ] [ 16 ] [ 17 ] .
Catatan kaki
Artikel ini memuat teks dari Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam , oleh Sir Thomas Walker Arnold , sebuah publikasi dari 1896 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Orang-orang China : buku pedoman tentang China ... , oleh Arthur Evans Moule , sebuah publikasi dari tahun 1914 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Journal of North Branch dari Cina Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Pemberitahuan geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat , oleh E. Bretschneider , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
Artikel ini memuat teks dari Journal of Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Utara Cabang , Shanghai Royal Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Cabang , Shanghai Sastra dan Ilmiah Society, sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .
^ Langsung ke : b M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Meskipun Saiyid -i Adjall tentu saja banyak untuk penjalaran Islam di Yunnan , itu adalah anaknya Nasir al- Din kepada siapa dianggap berasal kredit utama untuk penyebarannya Dia adalah seorang menteri dan pada awalnya diatur provinsi Shansi : . Ia kemudian menjadi gubernur Yunnan di mana ia meninggal pada tahun 1292 dan digantikan oleh Husain saudaranya . Hal ini tidak bisa terlalu kuat menekankan bahwa arah gerakan ini adalah dari interior , dari utara . The Muhammad koloni di pantai hampir tidak terpengaruh oleh itu . di sisi lain dapat diasumsikan bahwa Muslim Yunnan tetap selalu berkomunikasi dengan orang-orang dari provinsi utara Shaanxi dan Gansu . "
Rujukan ^ Sir Thomas Walker Arnold (1896 ) . Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam . WESTMINSTER : A. Constable dan co . p . 248 . Diakses 2011-05-29 . " beberapa Muhammadans juga menduduki posisi penting di bawah Khaqaans Mongol : seperti itu ' Abdu - r Rahman , wh9o pada 1244 diangkat menjadi kepala keuangan Imperial dan memungkinkan untuk peternakan pajak yang dikenakan pada Cina 1 , dan Sayyid ajal , yang berasal dari Bukhara , kepada siapa Khubilay Khan , pada aksesi pada tahun 1259 , mempercayakan pengelolaan keuangan Imperial , ia meninggal pada 1270 , meninggalkan reputasi tinggi untuk kejujuran , dan digantikan oleh yang lain bernama Muhammad Ahmad , yang di sisi lain meninggalkan di belakangnya reputasi sangat kebalikan dari itu dari pendahulunya . " ( Asli dari University of California )
Rujukan ^ Arthur Evans Moule ( 1914) . Orang-orang China : buku pedoman tentang Cina .... LONDON : Masyarakat untuk Mempromosikan Pengetahuan Kristen , Northumberland Avenue WC : 43 Queen Victoria Street. E.C. : Masyarakat untuk mempromosikan pengetahuan Kristen. p . 317 . Diakses 17 Juli 2011 . " Masjid mereka di Ganfu (Canton ) selama dinasti Tang ( 618-907 M ) yang pasti, dan kemudian mereka menyebar ke Ch'iian - chou dan Kan - P'u , Hangchow , dan mungkin Ningpo dan Shanghai . ini tidak memberitakan atau dakwah terobosan , tetapi perusahaan komersial , dan di paruh kedua abad kedelapan ada pasukan muslim di Shaanxi, 3.000 laki-laki , di bawah Abu Giafar , datang untuk mendukung Kaisar digulingkan pada tahun 756 . pada abad ketiga belas pengaruh Muslim individu sangat besar , terutama yang dari Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan AD 1279 . keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslim di Cina . Kehadiran elemen muslim di Cina yang paling banyak di Yunnan dan Kansu , . dan paling terpelajar Islam berada terutama di Ssuch'uan , sebagian besar buku-buku mereka yang dicetak di ibukota , Ch'eng - tu Kansu mungkin yang paling dominan provinsi Islam di Cina , dan di sini banyak sekte yang berbeda ditemukan , dan masjid dengan menara yang digunakan oleh muadzin ortodoks panggilan shalat , dan di satu tempat wanita berkerudung bertemu dengan . ini, bagaimanapun , tidak Turki atau Saracen , tetapi untuk . sebagian besar murni Cina The total populasi Muslim adalah mungkin di bawah 4.000.000 , meskipun perkiraan statistik lain , selalu tidak pasti di China , bervariasi 30-10 juta , tetapi angka yang diberikan di sini adalah yang paling dapat diandalkan saat ini dapat diperoleh , dan bila diingat bahwa Islam di Cina belum ke sebagian besar sebuah khotbah atau kekuasaan oleh propagandis " ( Asli dari Universitas Harvard )
^ Dillon , Michael (1999 ) . Komunitas Hui Muslim Cina : migrasi , pemukiman dan sekte . Routledge . p . 22 . ISBN 0-7007-1026-4 .
Rujukan ^ ( ) Meaghan Morris , Brett De Bary , ed . ( 2001) . " Race" panik dan memori migrasi . Volume 2 dari Jejak ( Ithaca , N.Y. ) . Hong Kong University Press . p . 297 . ISBN 962-209-561-5 . Diakses 20 Desember 2011 . " Selain para prajurit dan pejabat yang tiba dengan pasukan Mongol di Yunnan pada tahun 1253 Muslim , banyak Muslim lainnya menetap di sini juga , dan dalam 50 tahun penduduk Muslim di wilayah itu cukup besar untuk diperhatikan oleh Rashid al- din ( sejarawan Persia ) dan Marco Polo dalam tulisan mereka ... di antara dua belas putra Sayyid ' Ajall dan banyak cucu , banyak disajikan di seluruh China dan ada komunitas Muslim yang tersebar di seluruh negeri yang bisa melacak silsilah mereka kembali kepadanya . jumlah terbesar , bagaimanapun, tetap di Yunnan . putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ding ) , juga mengadakan jabatan tinggi di Yunnan , dan umumnya dikreditkan dengan menyediakan sumber untuk Han Cina nama keluarga tradisional bahwa semua Muslim diwajibkan oleh negara untuk mengadopsi selama periode Ming (1368-1644 ) . Dalam Yunnan , setelah Ma ( nama keluarga yang berasal dari transliterasi dari nama Nabi Muhammad ) nama keluarga yang paling umum bagi umat Islam adalah Na , Su , La , dan Ding . "
Rujukan ^ Angela Schottenhammer (2008 ) . Angela Schottenhammer , ed . The Asia Timur Mediterania : Crossroads Maritime Kebudayaan , Perdagangan dan Migrasi Manusia . Otto Harrassowitz Verlag . p . 123 . ISBN 3-447-05809-9 . Diakses 2010-06-28 .
Rujukan ^ Greville Stewart Parker Freeman - Grenville , Stuart C. Munro - Hay ( 2006) . Islam : sejarah ilustrasi ( berilustrasi, direvisi ed . ) . Continuum International Publishing Group . p . 226 . ISBN 0-8264-1837-6 . Diakses 17 Juli 2011 . " Yunnan - Putranya Nasr al abad kemudian ditakdirkan untuk mencapai otonomi singkat sebagai pemberontak ~ negara Muslim mengatakan, setelah penaklukan Mongol , telah diberikan kepada Sayyid Ajall Syams al - Din ' Umar sebagai gubernur , yang memperkenalkan Islam di sana. kemenangan - Din atas raja Mien ( Burma , sekarang Myanmar ) telah dicatat oleh Marco Polo ( 1277 ) "
Rujukan ^ M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Cingiz Khan mengambil sebagai salah satu perwiranya seorang pria yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi , yaitu Syams al - Din ' Omar , yang dikenal sebagai Saiyid -i Adjall ... dengan pemberitahuan dari anak-anaknya Nasir al- Din, Nescradin Marco Polo , dan Husain ... Menurut Fa - Hsiang , Saiyid -i Adjall adalah keturunan kelima dari Su tertentu Fei - erh ( Sufair ? ) dan 26 sesuai dari Nabi .. . menunjuknya sebagai gubernur Yunnan untuk memulihkan ketertiban di sana. Ia kemudian juga diberi gelar kehormatan " Pangeran Hsien yang " . Dia meninggalkan lima putra dan sembilan belas cucu . Lepage benar meragukan keaslian dari tabel silsilah di Fa - Hsiang ... menurut laporan yang biasa Saiyid -i Adjall datang berasal dari Bukhara dan diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 , ia dimakamkan di Wo - erh - ke dekat modalnya Makamnya di sini dengan prasasti yang pertama kali ditemukan oleh d ' . Ollone ekspedisi dan membangkitkan minat besar terutama aas ada makam kedua, juga dengan tulisan , di Singan - fu . sekarang sudah dipastikan bahwa kuburan kedua di Shensi adalah tugu peringatan yang hanya berisi pengadilan gaun gubernur mati .. . antara keturunan lanjut dapat disebutkan Ma Chu ( c. 1630-1710 ) ( dalam generasi keempat belas ) yang adalah seorang cendekiawan dan menerbitkan karya terkenalnya " The Magnetic Needle Islam " pada tahun 1685 , ia mengawasi renovasi makam dan kuil leluhurnya Saiyid -i Adjall , salah satu prasasti di makam adalah olehnya kepala sekarang keluarga adalah Na Wa - Ch'ing , Imam sebuah masjid di provinsi ini ( d' Ollone , p 182 . . ) "
Rujukan ^ ( ) E. J. van Donzel ( 1994) . E. J. van Donzel , ed . Meja referensi Islam ( ilustrasi ed . ) . BRILL . p . 67 . ISBN 90-04-09738-4 . Diakses 20 Desember 2011 . " Genghis Khan mengambil sebagai salah satu petugas bernama Syams al- Din ' Umar , yang dikenal sebagai Sayyid -i Ajall , yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi . Menurut laporan biasa, Sayyid -i Ajall diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 kredit utama bagi penyebaran Islam di Yunnan dianggap berasal dari putra Sayyid -i Ajall itu , Nasir al- Din ( yang Nescradin dari Marco Polo , . d 1292 ) . . Sebuah keturunan selanjutnya adalah Ma Chu ( ca. 1630-1710 ) yang terkenal yang diterbitkan bekerja , yang disebut " The Magnetic Needle Islam " . "
Rujukan ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 385 . Diakses 20 Desember 2011 . " Pada kematiannya ia digantikan oleh putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ting , yang " Nescradin " Marco Polo ) , yang memerintah antara 1279 dan Yunnan I284 . Sementara Arab dan Muslim Asia Selatan , pelopor perluasan maritim Islam di Teluk Benggala , harus mengunjungi "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Indiana ) Institut Urusan Minoritas Muslim ( 1986) . Jurnal , Volume 7 . King Abdulaziz University. Diakses 20 Desember 2011 . " Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ting , yang " Nescradin " Marco Polo ) , yang memerintah antara 1279 dan Yunnan 12844 . Sementara Arab dan Muslim Asia Selatan , pelopor perluasan maritim Islam di Bay Bengal , harus mengunjungi "
Rujukan ^ ( ) Thant Myint - U ( 2011 ) . Dimana China Bertemu India : Burma dan Crossroads Baru Asia . Macmillan . ISBN 1-4668-0127-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Dengan cara ini , Yunnan itu diketahui oleh dunia Islam . Ketika Sayyid Ajall meninggal pada 1279 ia digantikan oleh putranya Nasir al- Din yang memerintah selama lima tahun dan memimpin invasi Burma . Adiknya menjadi Komisaris Transportasi dan seluruh keluarga bercokol pengaruh mereka . "
Rujukan ^ ( ) Stephen G. Haw ( 2006) . Marco Polo China : Venetian di ranah Khubilai Khan . Volume 3 dari Routledge studi dalam sejarah awal Asia ( ilustrasi ed . ) . Psikologi Press. p . 164 . ISBN 0-415-34850-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Nasir al- Din ( Nasulading ) adalah anak tertua dari Sa'id Ajall Syams al - Din ( lihat Bab 7 ) dan mengikuti ayahnya dalam memegang jabatan tinggi dalam pemerintahan Yunnan . Ia memimpin kampanye untuk menundukkan berbagai bangsa provinsi , termasuk Gigi Emas , dan juga memerintahkan invasi Mien dan mengambil bagian dalam pertempuran di Annam . dia dihadiahi gelar dan hadiah uang untuk kehebatannya . pada tahun 1291 , ia pindah ke pemerintah provinsi Shaanxi , tapi meninggal . penyakit pada tahun berikutnya ( YS : liezhuan 12 , 1936) Dia tidak , pada kenyataannya , perintah tentara Mongol yang mengalahkan invasi oleh Raja Mien pada tahun 1277 , sebagai Marco negara ( MP / Lathan : 185 ; MP / Hambis : 310 ) . Dia, bagaimanapun , memimpin serangan terhadap Mien segera setelah itu yang ditindaklanjuti kekalahan tentara Raja ( lihat Bab 7 ) . "
Rujukan ^ ( ) Raphael Israel ( 2002) . Islam di Cina : agama, etnis , budaya , dan politik . Lexington Books . p . 284 . ISBN 0-7391-0375 - X . Diakses 20 Desember 2011 . " Sayyid Adjall mungkin melakukan banyak untuk penyebaran Islam di Yunnan , tetapi anaknya Nasir al- Din yang diberi kredit utama untuk penyebarannya di sana. Yang terakhir telah Gubernur Shenxi , dan ketika ia meninggal di Yunnan sebagai gubernur ada tahun 1292 , ia digantikan oleh Husain saudaranya . putra lain Sayyid Adjall dan anak-anak mereka pada gilirannya memegang jabatan tinggi di bawah kaisar Yuan , dan keluarga tetap terkenal di kehidupan orang Tionghoa . demikian terkenal sarjana Ma Zhu ( Mazhu ) ( ca . 1630-1710) diawasi renovasi "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang ( 1876 ) . Jurnal Cabang Utara - Cina dari Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Cabang . p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , dalam shi Yuan , chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , Na - su - la- ding ( yaitu Nasr - uddin ) , Ha - san ( Hassan ) , Hu -sin ( Hussein ) , Shan - su - ding su - mo - li dan Ma -su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang . Nasu -la - ding memiliki biografi terpisah bab yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan Kiao - chi ( Cochin - cina ) dan Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi , Wu - ma - r , DJE - fa - r ( Djafar ) , Hu - sien ( Hussein ) dan Sha -di ( Saadi ) The Sai - dien - ch'i penulis Cina . tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh liashid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . menurut Persia sejarawan , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai ini ho telah bertanggung jawab atas keuangan . anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . anak Nasr - uddin yang Ahubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Bashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . 44 . Dalam chap , exxiii dari Yuan shi, kita menemukan biografi A - la- icu - r - sze , yang menyatakan ada telah menjadi Hui - ho dan pribumi dari Ba - wa - r (mungkin Baurd sebuah kota Khorassan yang saya akan berbicara lebih jauh, dalam Bagian VI ) . dia adalah komandan seribu di negerinya sendiri . Ketika Chinghiz tiba di Ba - wa - r , ia menyerah dan memasuki pasukannya . anaknya A - la- wu - ding ( Alai - Eddin ) adalah pejuang gagah berani dalam tentara Kubilai itu . Dia meninggal pada tahun 1292 , pada usia seratus dua . "
Rujukan ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) E. Bretschneider ( 1876 ) . Pemberitahuan dari geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat. London : Trübner & co . p . 48 . Diakses 20 Desember 2011 . " Ada sebuah biografi panjang Sai - dien - ch'i , dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan diadakan kantor lain . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , di Yuan shi, chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i adalah disebutkan , yaitu Na -su -to - ding ( Nasr - uddin ) , Ha - san ( Hassan ) , Hu -sin ( Hussein ) , Shan - su - ding wu - moli dan Ma -su - hu . Semua ini terangkat tinggi kantor . Na -su -la - ding memiliki biografi terpisah di bab yang sama . Ha gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan 3jg g £ Kiad - chi ( Cochin - cina ) dan Mien jgg ( Burma ) . Dia meninggal pada 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi , Wu - ma - r , DJE yaitu . - fa - r ( Djafar ) , Hu - sien ( Hussein ) dan Sha -di ( Saadi ) . Sai - dien - ch'i penulis Cina adalah tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh Hashid ( D' Ohsson , tom , Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia diangkat ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid EdjelI . wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . putra Nasr - uddin yang Abubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , adalah gubernur Zaitun di waktu Rashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , tom , ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . "
Rujukan ^ ( Asli dari University of Michigan ) Jurnal Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Kelly & Walsh . 1876. p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 .
Referensi & terjemahan: http://en.wikipedia.org/wiki/Nasr_al-Din_%28Yunnan%29