Sayyid Ajjal Shams al-Din Omar (Panglima perang/Gubernur Yunnan dari Samarkand)

Sayyid Ajjal Syams al-Din Omar al-Bukhari (Persia: سید اجل شمسالدین عمر, Cina: 赛 典 赤 • 赡 思丁, pinyin: Sàidiǎnchì Zhānsīdīng) (1211-1279) adalah gubernur provinsi Yunnan pertama dalam sejarah, ditunjuk oleh Mongol Dinasti Yuan.

Hidup

Syams al-Din adalah berasal dari Persia , menjadi Khwarezmian Muslim dari Bukhara (sekarang - hari Uzbekistan ) . Ketika Genghis Khan menyerang kota selama perang antara Syah Khwarizmi dan Mongol , keluarga Sayyid Ajjal Syams al-Din Omar menyerah kepadanya . Ia menjabat pengadilan Kekaisaran Mongol . Kemudian , dia bertanggung jawab atas keuangan Imperial tahun 1259 , [ 2 ] dikirim ke Yunnan oleh Kubilai Khan setelah menaklukkan Kerajaan Dali tahun 1274 .

Yuan-shi memberikan banyak biografi Muslim dibedakan dalam pelayanan bangsa Mongol . Sejumlah dari mereka menduduki jabatan tinggi . Dalam chap , cxxv , kita menemukan biografi赛 典 赤•赡 思丁Sai - dien - ch'i shan - sse - ding , disebut juga乌马 儿Wu - ma - r . Dia adalah seorang Hui-hui dan keturunan别 庵 伯尔Bie -an- bo - r . Di negaranya Sai-dien-ch'i memiliki arti yang sama seperti贵族( keluarga bangsawan ) dalam bahasa Cina . Ada biografi panjang Sai - dien - ch'i [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ] .

Pada abad ketiga belas pengaruh Muslems individu sangat besar , terutama yang dari Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan AD 1279 . Keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslem di Cina . [ 6 ]

Dia diidentifikasi sebagai nenek moyang dari garis keturunan banyak Hui Cina di populasi Yunnan Panthay Hui serta di Ningxia dan provinsi Fujian .

Sebuah legenda Hui di Ningxia terdapat empat nama(marga) keluarga umum di wilayah tersebut - Na , Su , La , dan Ding - dengan keturunan anak Syams al-Din bernama Nasruddin , yang " dibagi " nama nenek moyang mereka ( Nasulading , dalam bahasa Cina ) di antara mereka sendiri . [ 7 ] Keluarga Ding Chendai , Fujian mengklaim keturunan dari dia . [ 8 ] keluarga Ding memiliki cabang di Taiwan , Filipina , dan Malaysia, antara diaspora masyarakat Cina di sana , tidak lagi mempraktikkan Islam tapi masih mempertahankan identitas Hui .

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Muslim Cina di Taiwan , Ishag Ma (马 孝 棋) , telah menyatakan " Sayyid merupakan gelar terhormat yang diberikan kepada keturunan Nabi Muhammad , maka Sayyid Syamsuddin harus terhubung ke Muhammad " . Keluarga Ding ( Ting ) di Taisi Township di Kabupaten Yunlin Taiwan , jejak keturunan dari  dia melalui Ding dari Quanzhou di Fujian . [ 9 ]

Kebijakan selama masa gubernur


Meluasnya keberadaan Islam dikarenakan oleh pekerjaan Sayyid Ajjal itu sebagai penguasa . [ 10 ]

Sayyid Ajjal adalah orang pertama yang membawa Islam ke Yunnan . Dia mengembangkan Konfusianisme dan Islam dengan memesan pembangunan masjid dan kuil-kuil Konghucu [ 11 ] Sayyid Ajjal juga memperkenalkan pendidikan Konfusius ke Yunnan,  Dia digambarkan sebagai membuat ' orangutan dan butcherbirds menjadi unicorn dan phonixes dan kain kempa mereka dan bulu yang ditukar gaun dan topi ' , dan dipuji oleh Inspektur Daerah Studi Konfusianisme , Dia Hongzuo [ 12 ] .

Syams al-Din membangun berbagai kuil Konfusius di Yunnan , dan mendirikan pendidikan Sufi & Konfusius . Dia terkenal di kalangan Cina untuk membantu provinsi Yunnan sinicize [ 13 ] Ia juga membangun beberapa masjid di Yunnan juga. .

Kedua Marco Polo dan Rashid al-Din mencatat Yunnan itu banyak dihuni oleh umat Islam selama Dinasti Yuan , dengan Rashid penamaan kota dengan semua penduduk Muslim sebagai ' kota besar Yachi ' . [ 14 ] Ia telah mengemukakan bahwa Yachi adalah Dali City ( Ta - li ) . Dali memiliki banyak orang Hui . [ 15 ]

Anaknya Nasir al-Din menjadi Gubernur Yunnan di 1279 setelah sayyid Ajjal meninggal . [ 16 ] [ 17 ]

Keluarga

Ia diserahkan ke Chinghiz (Genghis Khan) ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Di bawah Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilai khan mengangkatnya sebagai menteri ( lihat juga daftar para menteri , di Yuan shi, chap . Cxii ) . Dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur(raja bawahan) . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , yaitu .纳 速 剌 丁Na -su - la- ding ( Nasr - uddin ) ,哈 散Hasan ( Hassan ) ,忽 辛Hu -sin ( Hussein ) ,剌 丁 兀 默里Shan - su - ding wu - mo - li dan马速 忽Ma - su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang .

Na- su -la - ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan交趾Kiao - chi ( Cochin - Cina ) dan缅Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu .伯 颜 察 儿Bo -yen Ch'a - r , yang memiliki jabatan tinggi ,乌马 儿Wu - ma - r ,答 法 儿DJE - fa - r ( Djafar ) ,忽 先Hu - sien ( Hussein ) dan沙的Sha -di ( Saadi ) .

Sai - dien - ch'i adalah penulisan Cina dan tanpa diragukan lagi merupakan tokoh yang sama diucapkan oleh Rasyid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara(Samarkan) , dan gubernur Karadjang ( Yunnan-China ) ketika Kubilai memasuki kerajaan , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . Anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelumnya ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . Anak Nasr-uddin yang bernama Abubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang mengacu pada Boyen Ch'a - r dari yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Rashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan Menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr-uddin disebutkan oleh M. Polo(Marcopolo) , yang menyebutnya sebagai Nescradin [ 18 ] [ 19 ] [ 20 ] ( vol. ii , hlm. 66 ) .

Putra sulung Sayyid Ajall adalah Nasir al- Din . [ 21 ]

Sayyid Ajall adalah keturunan generasi 26 dari Nabi Muhammad SAW dan kelima keturunan generasi Su fei-erh . Secara total , telah memiliki lima anak . Dia memiliki dua makam , satu di Wo-erh-in Yunnan dan tempat peringatan lain yang berisi pakaiannya di Xi'an di provinsi Shaanxi . Penulis " The Magnetic Needle Islam " , Ma Chu (1630-1710) , adalah keturunan dari Sayyid Ajjal . The d' ekspedisi Ollone selama dinasti Qing mencatat bahwa Imam Na Wa -Ch'ing adalah pemimpin dari keluarga keturunan Sayyid Ajall [ 22 ] [ 23 ] [ 24 ] Ma memperbaiki makam Sayyid Ajjal itu . . Romanisasi lain dari Ma Chu adalah " Ma Zhu " . [ 25 ]

Sayyid Ajjall merupakan nenek moyang dari banyak umat Islam di daerah-daerah di seluruh China . Yunnan berisi sejumlah terbesar keturunannya . [ 26 ]

Salah satu keturunan yang paling menonjol adalah Zheng He . [ 27 ]

Catatan kaki


Artikel ini memuat teks dari Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam , oleh Sir Thomas Walker Arnold , sebuah publikasi dari 1896 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .

Artikel ini memuat teks dari Orang-orang China : buku pedoman tentang China ... , oleh Arthur Evans Moule , sebuah publikasi dari tahun 1914 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .

Artikel ini memuat teks dari Journal of North Branch dari Cina Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .

Artikel ini memuat teks dari Pemberitahuan geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat , oleh E. Bretschneider , sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .

Artikel ini memuat teks dari Journal of Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 , oleh Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Utara Cabang , Shanghai Royal Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Cina Cabang , Shanghai Sastra dan Ilmiah Society, sebuah publikasi dari 1876 sekarang dalam domain publik di Amerika Serikat .

Melompat ^ Greville Stewart Parker Freeman - Grenville , Stuart C. Munro - Hay ( 2006) . Islam : sejarah ilustrasi ( berilustrasi, direvisi ed . ) . Continuum International Publishing Group . p . 226 . ISBN 0-8264-1837-6 . Diakses 17 Juli 2011 . " Yunnan - Putranya Nasr al abad kemudian ditakdirkan untuk mencapai otonomi singkat sebagai pemberontak ~ negara Muslim mengatakan, setelah penaklukan Mongol , telah diberikan kepada Sayyid Ajall Syams al - Din ' Umar sebagai gubernur , yang memperkenalkan Islam di sana. kemenangan - Din atas raja Mien ( Burma , sekarang Myanmar ) telah dicatat oleh Marco Polo ( 1277 ) "

Melompat ^ Sir Thomas Walker Arnold (1896 ) . Pemberitaan Islam : sejarah penyebaran agama Islam . WESTMINSTER : A. Constable dan co . p . 248 . Diakses 2011-05-29 . " beberapa Muhammadans juga menduduki posisi penting di bawah Khaqaans Mongol : seperti itu ' Abdu - r Rahman , wh9o pada 1244 diangkat menjadi kepala keuangan Imperial dan memungkinkan untuk peternakan pajak yang dikenakan pada Cina 1 , dan Sayyid ajal , yang berasal dari Bukhara , kepada siapa Khubilay Khan , pada accesion di 1259 , mempercayakan pengelolaan keuangan Imperial , ia meninggal pada 1270 , meninggalkan reputasi tinggi untuk kejujuran , dan digantikan oleh yang lain bernama Muhammad Ahmad , yang di sisi lain meninggalkan di belakangnya reputasi sangat kebalikan dari itu dari pendahulunya . " ( Asli dari University of California )

Melompat ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang ( 1876 ) . Jurnal Cabang Utara - Cina dari Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Cabang . p . 121 . Diakses 20 Desember 2011 . " Penaklukan Chinghiz dan para penerusnya telah membuka jalan raya komunikasi antara timur dan barat Asia , dan orang-orang Barat mulai sering timur jauh , dan bahkan ada Fettle The Mongol kaisar dilindungi kolonisasi Cina oleh orang asing . ; dan sehubungan dengan orang Islam , tampaknya , bahwa sejak Hulagu khan saudara Mangu khan , memerintah atas Asia Barat , emigrasi dari Persia ke Cina telah jauh meningkat saya pikir itu tidak mungkin . , bahwa orang Islam sekarang tersebar di seluruh China komunitas besar yang tepat , dan membentuk khususnya di provinsi Gansu, Shanxi dan Chili , yang untuk sebagian besar keturunan mereka Saracen disebutkan oleh M. Polo di provinsi yang sama . Kashid - Eddin negara , dalam keterangan dari China ( Yule Cathay , p 269 ) , yang pada masanya semua penduduk Karadjang ( atau Yunnan ) adalah Mohammendans , . dan saya merasa lumayan juga yakin , bahwa kekuatan Islam , yang tiba-tiba naik di provinsi Yunnan Cina , sekitar sepuluh tahun yang lalu , mungkin ditelusuri kembali ke zaman kaisar Mongol . 43 . The Yuan - thi memberikan banyak biografi pengikut Muhammad atau Mohamedan dibedakan dalam pelayanan Mongol . sejumlah dari mereka menduduki jabatan tinggi . saya dapat mengutip nama-nama Hui - ho bertemu dengan di sejarah bangsa Mongol , dan perhatikan kadang-kadang beberapa keterangan dari biografi mereka . Dalam chap , cxxv , kita menemukan biografi £ J ^ JJJ J § L " J * Sai - dien - ch'i shansse - ding , yang disebut juga , B ^ Wu - ma - r . Dia adalah seorang Hui - hui dan keturunan jjjlj ^ JSF ffj JGF Bie -an- bo - R.1 » Dalam negaranya Sai - dien - ch'i memiliki arti yang sama seperti JGF J £ ( keluarga bangsawan ) dalam bahasa Cina . Ada biografi panjang Sai - dien - ch'i , " Para penulis Islam juga menyebut Chinghiz ' encamping sana, tetapi mereka berbicara tentang Baldjuna sungai ( D' Ohsson , robek , i , p . 72 ) . The Baldjuna danau atau sungai tampaknya telah suatu tempat dekat rirer Kerulun . D' Ohsson menempatkan terlalu jauh ke utara . T1 Alacush tikin euri dari Rashid , kepala suku Onguts ( D' Ohsson , robek , i , p . 84 ) . Lihat juga di atas , 3 . ' ■ sungai Argun , anak sungai Amur . ini keluar dari sudut utara Danau Kulon juga , di mana Kerulun mengosongkan diri dari selatan. " • Pcighambcr di Tersian berarti " nabi . " "

Melompat ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) E. Bretschneider ( 1876 ) . Pemberitahuan dari geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat. LONDON : TRÜBNER & CO , 57 DAN 59 , Hanger Lane : Trübner & co . p . 47 . Diakses 20 Desember 2011 . " Penaklukan Chinghiz dan para penerusnya telah membuka jalan raya komunikasi antara timur dan barat Asia , dan orang-orang Barat mulai sering timur jauh , dan bahkan untuk menetap di sana The Mongol kaisar dilindungi kolonisasi Cina oleh orang asing . ; dan sehubungan dengan orang Islam , tampaknya , bahwa sejak Hulagu khan saudara Mangu khan , memerintah atas Asia Barat , emigrasi dari Persia ke Cina telah jauh meningkat saya pikir itu tidak mungkin . , bahwa orang Islam sekarang tersebar di seluruh China tepat, dan membentuk komunitas besar terutama di provinsi Gansu, Shanxi , dan Chili , ' adalah untuk sebagian besar keturunan mereka Saracen disebutkan oleh M. Polo di provinsi yang sama . Rashid - Eddin negara , dalam keterangan dari China ( Yule Cathay , p 269 ) , yang pada masanya semua penduduk Karadjang ( atau Yunnan ) adalah Mohammendans , . dan saya merasa lumayan juga yakin , bahwa kekuatan Islam , yang tiba-tiba naik di provinsi Yunnan Cina , sekitar sepuluh tahun yang lalu , mungkin ditelusuri kembali ke zaman kaisar Mongol . 43 . The Yuan -shi memberikan banyak biografi pengikut Muhammad atau Mohamedan dibedakan dalam pelayanan Mongol . sejumlah dari mereka menduduki jabatan tinggi . saya dapat mengutip nama-nama Hui - ho bertemu dengan dalam sejarah bangsa Mongol , dan perhatikan kadang-kadang beberapa keterangan dari biografi mereka . dalam bab . cxxv , kita menemukan biografi g J ^ JJF " J * Sai - dien - ch'i shan - sse - ding , disebut juga J } Jg IjJ Wvrma - r . Dia adalah seorang Hui - hui dan keturunan JjlJ ^ jj * fa fj Bie -an- bo - r.73 Dalam negaranya Sai - dien - ch'i memiliki makna yang sama dengan ^ ( keluarga bangsawan ) dalam bahasa Cina . Ada biografi panjang Sai - dien - ch'i , 7 0 Para penulis Islam juga menyebut Chinghiz ' encamping tb - ete ' tetapi mereka berbicara dari Baldjuna sungai ( D' Ohsson , tom , i , p . 72 ) , The danau Baldjuna atau sungai tampaknya telah suatu tempat dekat sungai Kerulun . D' Ohsson menempatkan terlalu jauh northw ard . 71 Alacush tikin curi dari Rashid , kepala suku Onguts ( D' Ohsson , tom , i , p . 84 ) . Lihat juga di atas , 3 . " Sungai Argun , anak sungai dari Amv / r . Ini keluar dari sudut utara Danau Kulon juga , di mana Kpruhm mengosongkan diri dari selatan.

s Pciglucmber dalam bahasa Persia berarti " nabi . " "

^ ( Asli dari University of Michigan ) Jurnal Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Kelly & Walsh . 1876. p . 121 . Diakses 20 Desember 2011 . " Penaklukan Chinghiz dan para penerusnya telah membuka jalan raya komunikasi antara timur dan rompi dari Asia , dan orang-orang Barat mulai sering timur jauh , dan bahkan ada Fettle The Mongol kaisar dilindungi kolonisasi Cina oleh orang asing . ; dan sehubungan dengan orang Islam , tampaknya , bahwa sejak Hulagu khan saudara Mangu khan , memerintah atas Asia Barat , emigrasi dari Persia ke Cina telah jauh meningkat saya pikir itu tidak mungkin . , bahwa orang Islam sekarang tersebar di seluruh China komunitas besar yang tepat , dan membentuk khususnya di provinsi Gansu, Shanxi dan Chili , yang untuk sebagian besar keturunan mereka Saracen disebutkan oleh M. Polo di provinsi yang sama . Rashid - Eddin 6tates , dalam keterangan dari China ( Yule Cathay , p 269 ) , yang pada masanya semua penduduk Karadjang ( atau Yunnan ) adalah Mohammendans , . dan saya merasa lumayan juga yakin , bahwa kekuatan Islam , yang tiba-tiba naik di provinsi Yunnan Cina , sekitar sepuluh tahun yang lalu , mungkin ditelusuri kembali ke zaman kaisar Mongol . 43 . The Yiian - thi memberikan banyak biografi pengikut Muhammad atau Mohamedan dibedakan dalam pelayanan Mongol . sejumlah dari mereka menduduki jabatan tinggi . saya dapat mengutip nama-nama Hui - ho bertemu dengan di sejarah bangsa Mongol , dan perhatikan kadang-kadang beberapa keterangan dari biografi mereka . Dalam chap , exxv , kita menemukan biografi * £ § j8l JFE Jj Jg " J * Sai - dien - CKI shan - sse - ding , disebut juga Jj FFI EJ Wu - ma - r . Dia adalah seorang Hui - hui dan keturunan j } ] ^ fj = jj $ Bie -an- bo - r.7 J Dalam negaranya Sai - dien - ch'i memiliki arti yang sama seperti JLF JFE ( keluarga bangsawan ) dalam bahasa Cina . Ada biografi panjang Sai - dien - ch'i , » • The Islam penulis juga menyebutkan Cliinghiz ' encamping sana, tetapi mereka berbicara tentang Baldjuna sungai ( D' Ohsson , robek, i , p . 72 ) , The Baldjuna Danau atau sungai tampaknya telah suatu tempat dekat sungai Keruluu . D' Ohsson menempatkan terlalu jauh ke utara . » > Alacush tikin curi dari Rashid , kepala suku tho Onguts ( D' Ohsson , robek , i , p . 84 ) . Lihat juga di atas , 3 . ' • Sungai Argun , anak sungai Amur . Ini keluar dari sudut utara Danau Kulon juga , di mana Kerulun mengosongkan diri dari selatan. " Peiijhaviber dalam bahasa Persia berarti " nabi . " "

Melompat ^ Arthur Evans Moule ( 1914) . Orang-orang China : buku pedoman tentang Cina .... LONDON : Masyarakat untuk Mempromosikan Pengetahuan Kristen , Northumberland Avenue WC : 43 Queen Victoria Street. E.C. : Masyarakat untuk mempromosikan pengetahuan Kristen. p . 317 . Diakses 17 Juli 2011 . " Masjid mereka di Ganfu (Canton ) selama dinasti Tang ( 618-907 iklan ) yang pasti, dan kemudian mereka menyebar ke Ch'iian - chou dan Kan - P'u , Hangchow , dan mungkin Ningpo dan Shanghai . ini tidak memberitakan atau dakwah terobosan , tetapi perusahaan komersial , dan di paruh kedua abad kedelapan ada pasukan muslim di Shaanxi, 3.000 laki-laki , di bawah Abu Giafar , datang untuk mendukung Kaisar mencopot di Ad 756 . pada abad ketiga belas pengaruh Muslim individu sangat besar , terutama yang dari Sayyid Edjell Shams ed - Din Omar , yang menjabat Khan Mongol sampai kematiannya di Yunnan Ad 1279 . keluarganya masih ada di Yunnan , dan telah mengambil bagian penting dalam urusan Muslim di Cina . Kehadiran elemen muslim di Cina yang paling banyak di Yunnan dan Kansu , . dan paling terpelajar Islam berada terutama di Ssuch'uan , sebagian besar buku-buku mereka yang dicetak di ibukota , Ch'eng - tu Kansu mungkin yang paling dominan provinsi Islam di Cina , dan di sini banyak sekte yang berbeda ditemukan , dan masjid dengan menara yang digunakan oleh muadzin ortodoks panggilan shalat , dan di satu tempat wanita berkerudung bertemu dengan . ini, bagaimanapun , tidak Turki atau Saracen , tetapi untuk . sebagian besar murni Cina The total populasi Muslim adalah mungkin di bawah 4.000.000 , meskipun perkiraan statistik lain , selalu tidak pasti di China , bervariasi 30-10 juta , tetapi angka yang diberikan di sini adalah yang paling dapat diandalkan saat ini dapat diperoleh , dan bila diingat bahwa Islam di Cina belum ke sebagian besar sebuah khotbah atau kekuasaan oleh propagandis " ( Asli dari Universitas Harvard )

Melompat ^ Dillon , Michael (1999 ) . Komunitas Hui Muslim Cina : migrasi , pemukiman dan sekte . Routledge . p . 22 . ISBN 0-7007-1026-4 .

Melompat ^ Angela Schottenhammer (2008 ) . Angela Schottenhammer , ed . The Asia Timur Mediterania : Crossroads Maritime Kebudayaan , Perdagangan dan Migrasi Manusia . Otto Harrassowitz Verlag . p . 123 . ISBN 3-447-05809-9 . Diakses 2010-06-28 .

Melompat ^ Loa Iok - Sin / STAFF REPORTER ( Sun, 31 Agu 2008 ) . " FITUR : Taisi Township kembali melibatkan akar Muslim " . Taipei Times. p . 4 . Diakses 29 Mei 2011 .

Melompat ^ M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Meskipun Saiyid -i Adjall tentu saja banyak untuk penjalaran Islam di Yunnan , itu adalah anaknya Nasir al- Din kepada siapa dianggap berasal kredit utama untuk penyebarannya Dia adalah seorang menteri dan pada awalnya diatur provinsi Shansi : . Ia kemudian menjadi gubernur Yunnan di mana ia meninggal pada tahun 1292 dan digantikan oleh Husain saudaranya . Hal ini tidak bisa terlalu kuat menekankan bahwa arah gerakan ini adalah dari interior , dari utara . The Muhammad koloni di pantai hampir tidak terpengaruh oleh itu . di sisi lain dapat diasumsikan bahwa Muslim Yunnan tetap selalu berkomunikasi dengan orang-orang dari provinsi utara Shaanxi dan Gansu . "

Melompat ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 385 . Diakses 20 Desember 2011 . " yakin bahwa Muslim Asia Tengah awalnya memainkan peran utama dalam Yuan ( Mongol ) penaklukan dan Pemerintahan selanjutnya di selatan - barat Cina , sebagai akibat dari mana komunitas Muslim yang berbeda didirikan di Yunnan oleh abad ke-13 akhir Terutama antara ini tentara - administrator adalah Sayyid al - Ajall Shams al- Din al- Bukhari Umar (Bab Sai - tien - Ch'ih shan - ssu - ting ) . seorang pejabat pengadilan dan umum asal Turki yang terlibat dalam invasi Mongol dari Szechwan . . .. dan Yunnan di c 1252 , dan yang menjadi Yuan Gubernur provinsi kedua di 1274-1279 Syams al - Din - . yang secara luas diyakini oleh umat Islam dari Yunnan telah memperkenalkan Islam ke wilayah tersebut - diwakili sebagai bijaksana dan penguasa hati , yang berhasil " menenangkan dan menghibur " masyarakat Yunnan , dan yang dikreditkan dengan membangun kuil Konghucu , serta masjid dan sekolah "

Melompat ^ ( ) Thant Myint - U ( 2011) . Dimana China Bertemu India : Burma dan Crossroads Baru Asia . Macmillan . ISBN 1-4668-0127-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " mengaku sebagai keturunan dari emir Bokhara ... dan ditunjuk sebagai administrator atas di Yunnan di 1270-an itu. Hari ini umat Islam Yunnan menganggapnya sebagai pendiri komunitas mereka , seorang penguasa yang bijaksana dan baik hati yang ' menenangkan dan menghibur ' yang bangsa Sayyid Ajall Yunnan . secara resmi Direktur Urusan Politik Sekretariat Daerah Yunnan ... Menurut catatan Cina , ia memperkenalkan teknologi pertanian baru , sistem irigasi dibangun , dan mencoba untuk meningkatkan standar hidup . Meskipun Muslim , ia membangun atau dibangun kembali kuil Konghucu dan menciptakan sistem pendidikan Konfusius . kontemporer Nya , Dia Hongzuo , Inspektur Daerah studi Konfusianisme , menulis bahwa melalui usahanya ' orangutan dan butcherbirds menjadi unicorn dan phonixes dan kain kempa dan bulu mereka ditukar dengan gaun dan topi ' ... "

Melompat ^ Michael Dillon (1999 ) . Komunitas Hui Muslim Cina : migrasi , pemukiman dan sekte . Richmond: Curzon Press. p . 23 . ISBN 0-7007-1026-4 . Diakses 2010-06-28 .

Melompat ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 174 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari Dinasti Yuan , dan menunjukkan penyelesaian selanjutnya Muslim di timur laut dan barat daya Yunnan khususnya . Marco Polo , yang bepergian melalui Yunnan " Carajan " pada awal periode Yuan , mencatat kehadiran " Saracen " di antara populasi . Demikian pula, sejarawan Persia Rashid al- Din ( wafat 1318 M) tercatat dalam Jami nya ' ut - Tawarikh bahwa' kota besar Yachi ' di Yunnan secara eksklusif dihuni oleh umat Islam . "

Melompat ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 387 . Diakses 20 Desember 2011 . " ketika Maroco Polo mengunjungi Yunnan pada periode Yuan awal ia mencatat kehadiran " Saracen " antara penduduk sementara sejarawan Persia Rashid al- Din ( wafat 1318 M ) tercatat dalam Jami ' ut - Tawarikh bahwa ' kota besar Yachi ' di Yunnan secara eksklusif dihuni oleh umat Islam . Rashid al- Din mungkin telah mengacu pada daerah di sekitar Ta - li di Yunnan barat , yang muncul sebagai pusat awal pemukiman Muslim Hui di provinsi ini . "

Melompat ^ ( ) Thant Myint - U ( 2011 ) . Dimana China Bertemu India : Burma dan Crossroads Baru Asia . Macmillan . ISBN 1-4668-0127-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Dengan cara ini , Yunnan itu diketahui oleh dunia Islam . Ketika Sayyid Ajall meninggal pada 1279 ia digantikan oleh putranya Nasir al- Din yang memerintah untuk memberikan tahun dan memimpin invasi Burma . Adiknya menjadi komisaris dari Transportasi dan seluruh keluarga bercokol pengaruh mereka . "

Melompat ^ ( Asli dari University of Virginia ) Jurnal Institut Urusan Minoritas Muslim , Volume 7-8 . The Institute. 1986. p . 385 . Diakses 20 Desember 2011 . " Pada kematiannya ia digantikan oleh putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ting , yang " Nescradin " Marco Polo ) , yang memerintah antara 1279 dan Yunnan I284 . Sementara Arab dan Muslim Asia Selatan , pelopor perluasan maritim Islam di Teluk Benggala , harus mengunjungi "

Melompat ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) Kerajaan Asiatic Society Britania Raya dan Irlandia . Utara - Cina Cabang ( 1876 ) . Jurnal Cabang Utara - Cina dari Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Cabang . p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , dalam shi Yuan , chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , ffli ~ X Nasvrla - ding ( Nasr - uddin yaitu . Semua jabatan tinggi dipegang ) , Bj ^ ^ Hasan ( Hassan ) , ^ Hu -sin ( Hussein ) , JGF " J " j £ Jjjj J_ Shan - su - ding mi - moli dan , B JGJ Masu - hu . . Nasu - la- ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan • £ gj , . ? . Kiao - chi ( Cochin - cina ) dan jjjjj Mien ( Burma ) Dia meninggal tahun 1292 , ayah dari dua belas putra ^ nama lima di antaranya diberikan dalam biografi , yaitu fjjj j § £ £ IjJ Bo -yen Ch'a - r , 1 * yang memiliki jabatan tinggi , ^ ( B = Wu - ma - r , M & : § Sai - dien - ch'i penulis Cina tanpa keraguan sama £ Dj - Mr ( Djafar ) , fa Eusien ( Hussein ) dan FFT Sha -di ( Saadi ) . tokoh dibicarakan oleh liashid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai ini ho telah bertanggung jawab atas keuangan . anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . putra Nasr - uddin yang Ahubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Bashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . 44 . Dalam chap , exxiii dari Yuan shi, kita menemukan biografi fjjj ^ fjj A -la - icu - r - sze , yang menyatakan ada telah menjadi Hui - ho dan penduduk asli J \ ^ JJL Ba - wa - r (mungkin Baurd sebuah kota Khorassan yang saya akan berbicara lebih jauh, dalam Bagian VI ) . Dia adalah komandan seribu di negerinya sendiri . Ketika Chinghiz tiba di Ba - wa - r , ia menyerah dan memasuki pasukannya . anaknya A - la- wu - ding ( Alai - Eddin ) adalah pejuang gagah berani di Kubilai ini 14 Bo ini - ym tidak akan bingung dengan goner.il terkemuka dengan nama yang sama , yang adalah seorang Mongol , dan yang disebutkan sebagai liayan Chincstin oleh M. Polo ( vol. ii , j > 107 . ) . biografi ini gagah berani kapten ditemukan di ski Yiian , ( hap. e.xxvii . Dia juga diucapkan " f oleh sejarawan Persia . "

Melompat ^ ( Asli dari Universitas Harvard ) E. Bretschneider ( 1876 ) . Pemberitahuan dari geografi Abad Pertengahan dan sejarah Asia tengah dan barat. LONDON : TRÜBNER & CO , 57 DAN 59 , Hanger Lane : Trübner & co . p . 48 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilai khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , di Yuan shi, chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , yaitu 3 ^ JLI ~ T Na - su -to - Dvy ( Nasr - uddin ) , ^ Ha - san ( Hassan ) , ^ ^ Hu -sin ( Hussein ) , H j $ i ~ J " 7G .3 . Shan- su - ding wu - moli dan JFO Ma - su - hu . Semua jabatan tinggi dipegang . Na- su -la - ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama . Ha gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan 3jg g £ Kiad - chi ( Cochin - Cina ) dan jgg Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu . fjjj g jj £ £ ^ Bo -yen EWA - r , 7 * yang memiliki jabatan tinggi , JB ^ Wu - ma - r , '# i £ 52 , DJE - fa - r ( Djafar ) , & % Hu - sien ( Hussein ) dan FFT Sha -di ( Saadi ) . Sai - dien - ch'i penulis Cina adalah tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh Hashid ( D' Ohsson , tom , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid EdjelI . Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilai memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . Anaknya Nasruddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Rashid , menulis sekitar tahun 1300, mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la ding meninggal tahun 1292 ) . Anak Nasr - uddin yang Abubeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yuan shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Rashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan Menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , tom , ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Nasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . 44 . Dalam bab . cxxiii dari Yuan shi, kita menemukan biografi Prj i £ J % i AS < S A - la- wa - r - sze , yang menyatakan ada telah menjadi Hui - ho dan penduduk asli j \ ^ 3 = P Ba - wa - r (mungkin Baurd sebuah kota Khorassan yang saya akan berbicara lebih jauh, dalam Bagian VI ) . Dia adalah komandan seribu di negerinya sendiri . Ketika Chinghiz tiba di Ba - wa - r , ia menyerah dan memasuki pasukannya . Anaknya A - la- wu - ding ( Alai - Eddin ) adalah pejuang gagah berani di Kubilai yang 74 ini Bo -yen tidak boleh bingung dengan umum terkemuka dengan nama yang sama , yang adalah seorang Mongol , dan yang disebutkan sebagai Bayan Chincsan oleh M. Polo ( vol. ii , hlm. 107 ) . Biografi ini kapten berani ditemukan dalam shi Yilan , chap , cxxvii . Ia juga dikatakan oleh sejarawan Persia . "

Melompat ^ ( Asli dari University of Michigan ) Jurnal Cina Utara Cabang Royal Asiatic Society , Volume 10 . NEW SERIES No X. SHANGHAI : Dicetak At The " CELESTIAL EMPIBE " Office 10 - Hankow BOAD - 10 : . Kelly & Walsh . 1876. p . 122 . Diakses 20 Desember 2011 . " dari mana kita belajar bahwa dia kirimkan ke Chinhiz ketika yang terakhir mengobarkan perang di Asia Barat , dan memasuki hidupnya penjaga . Under Ogotai dan Mangu khan dia adalah gubernur , dan memegang kantor lainnya . Kubilal khan mengangkatnya menteri ( lihat juga daftar para menteri , dalam shi Yiian , chap . cxii ) . dia meninggal di Yunnan , di mana ia menjadi gubernur . Lima anak Sai - dien - ch'i disebutkan , yaitu j £ ^ ' JT NarSUrlarding ( Nasr - uddin ) , Vfe ^ Hasan ( Hassan ) , j ^ J Hu -sin ( Hussein ) , fj £ " J * JL Shan - svrding wu -mo li dan J § JJF Masurhu . Semua jabatan tinggi dipegang . Nasu - la- ding memiliki biografi terpisah di pasal yang sama . Dia adalah gubernur di Yunnan , dan dibedakan dirinya dalam perang dengan suku-suku selatan - jj * gt Kiao - chi ( Cochin - Cina ) dan ggj Mien ( Burma ) . Dia meninggal pada tahun 1292 , ayah dari dua belas putra , nama-nama lima yang diberikan dalam biografi , yaitu . fjgj gg § J Bo -yen Ch'a - r , ni yang memiliki jabatan tinggi , Js Jjj ^ Wu - ma - r , 5i DJE - fa - r ( Djafar ) , JJ * Husien ( Hussein ) dan fty fa § Sha -di ( Saadi ) . Sai - dien - ch'i penulis Cina adalah tanpa diragukan lagi tokoh yang sama diucapkan oleh Itashid ( D' Ohsson , robek , ii , hlm. 467 ) dengan nama Sayid Edjell . Menurut sejarawan Persia , ia adalah penduduk asli Bokhara , dan gubernur Karadjang ( Yunnan ) ketika Kubilal memasuki negara , di bawah pemerintahan Mangu . Selanjutnya ia ditunjuk wazir , dan pada awal pemerintahan Kubilai itu ia bertanggung jawab atas keuangan . Anaknya Nasrvddin diangkat menjadi gubernur di Karadjang , dan mempertahankan posisinya di Yunnan sampai kematiannya , yang Itashid , menulis sekitar tahun 1300 , mengatakan terjadi lima atau enam tahun sebelum ( menurut Yuan shi, Na - su -la dimj meninggal pada 1292 ) . Anak Nasr - uddin yang Abtobeker , yang memiliki nama Bayan Fenchan ( jelas yang Boyen Ch'a - r dari Yiian shi ) , menjadi gubernur di Zaitun pada saat Itashid menulis . Dia juga menanggung gelar kakeknya dari Sayid Edjell , dan Menteri Keuangan di bawah penggantinya Kubilai ini ( D' Ohsson , robek, ii , hlm 476 , 507 , 508 ) . Xasr - uddin disebutkan oleh M. Polo , yang gaya dia Nescradin ( vol. ii , hlm. 66 ) . 44 . Dalam chap , cxxiii dari Yuan shi, kita menemukan biografi Pi ? J 15 ^ A - la- wu - r - szc , yang menyatakan ada telah menjadi Hai - ho dan penduduk asli / \ ^ Ba - wa - r (mungkin Baurd sebuah kota Khorassan yang saya akan berbicara lebih lanjut tentang , dalam Bagian VI ) . Dia adalah komandan seribu di negerinya sendiri . Ketika Chinghiz tiba di Ba - wa - r , ia menyerah dan memasuki pasukannya . Anaknya A - lu - VM - ding ( Alai - Eddin ) adalah pejuang gagah berani di Kubilai ini 71 Kaleng Bo -yen untuk tidak berbohong bingung dengan umum terkemuka dengan nama yang sama , yang adalah seorang Mongol , dan yang disebutkan sebagai Bayan Chiticsan oleh M. Polo ( vol. ii , hlm. 107 ) . Biografi kaleng kapten gagah berani ditemukan dalam Yiinn tersebut . < / / ( ' , Chap , cxxvii . JLC juga dibicarakan oleh sejarawan IVI - sinn . "

Melompat ^ ( ) Stephen G. Haw ( 2006) . Marco Polo China : Venetian di ranah Khubilai Khan . Volume 3 dari Routledge studi dalam sejarah awal Asia ( ilustrasi ed . ) . Psikologi Press. p . 164 . ISBN 0-415-34850-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Nasir al- Din ( Nasulading ) adalah anak tertua dari Sa'id Ajall Syams al - Din ( lihat Bab 7 ) dan mengikuti ayahnya dalam memegang jabatan tinggi dalam pemerintahan Yunnan . Ia memimpin kampanye untuk menundukkan berbagai bangsa provinsi , termasuk Gigi Emas , dan juga memerintahkan invasi Mien dan mengambil bagian dalam pertempuran di Annam . dia dihadiahi gelar dan hadiah uang untuk kehebatannya . pada tahun 1291 , ia pindah ke pemerintah provinsi Shaanxi , tapi meninggal . penyakit pada tahun berikutnya ( YS : liezhuan 12 , 1936) Dia tidak , pada kenyataannya , perintah tentara Mongol yang mengalahkan invasi oleh Raja Mien pada tahun 1277 , sebagai Marco negara ( MP / Lathan : 185 ; MP / Hambis : 310 ) . Dia, bagaimanapun , memimpin serangan terhadap Mien segera setelah itu yang ditindaklanjuti kekalahan tentara Raja ( lihat Bab 7 ) . "

Melompat ^ M. Th Houtsma ( 1993) . Pertama ensiklopedi Islam : 1913-1936 . BRILL . p . 847 . ISBN 90-04-09796-1 . Diakses 20 Desember 2011 . " Cingiz Khan mengambil sebagai salah satu perwiranya seorang pria yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi , yaitu Syams al - Din ' Omar , yang dikenal sebagai Saiyid -i Adjall ... dengan pemberitahuan dari anak-anaknya Nasir al- Din, Nescradin Marco Polo , dan Husain ... Menurut Fa - Hsiang , Saiyid -i Adjall adalah keturunan kelima dari Su tertentu fei - erh ( Sufair ? ) dan 26 sesuai dari Nabi .. . menunjuknya sebagai gubernur Yunnan untuk memulihkan ketertiban di sana. Ia kemudian juga diberi gelar kehormatan " Pangeran Hsien yang " . Dia meninggalkan lima putra dan sembilan belas cucu . Lepage benar meragukan keaslian dari tabel silsilah di Fa - Hsiang ... menurut laporan yang biasa Saiyid -i Adjall datang berasal dari Bukhara dan diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 , ia dimakamkan di Wo - erh - ke dekat modalnya Makamnya di sini dengan prasasti yang pertama kali ditemukan oleh d ' . ekspedisi Ollone dan membangkitkan minat besar terutama karena ada makam kedua, juga dengan tulisan , di Singan - fu . sekarang sudah dipastikan bahwa kuburan kedua di Shensi adalah tugu peringatan yang hanya berisi pengadilan gaun gubernur mati .. . antara keturunan lanjut dapat disebutkan Ma Chu ( c. 1630-1710 ) ( dalam generasi keempat belas ) yang adalah seorang cendekiawan dan menerbitkan karya terkenalnya " The Magnetic Needle Islam " pada tahun 1685 , ia mengawasi renovasi makam dan kuil leluhurnya Saiyid -i Adjall , salah satu prasasti di makam adalah olehnya kepala sekarang keluarga adalah Na Wa - Ch'ing , Imam sebuah masjid di provinsi ini ( d' Ollone , p 182 . . ) "

Melompat ^ ( ) E. J. van Donzel ( 1994) . E. J. van Donzel , ed . Meja referensi Islam ( ilustrasi ed . ) . BRILL . p . 67 . ISBN 90-04-09738-4 . Diakses 20 Desember 2011 . " Genghis Khan mengambil sebagai salah satu petugas bernama Syams al- Din ' Umar , yang dikenal sebagai Sayyid -i Ajall , yang dikatakan berasal dari Bukhara dan mengaku sebagai keturunan Nabi . Menurut laporan biasa, Sayyid -i Ajall diatur Yunnan dari 1273 sampai kematiannya pada tahun 1279 kredit utama bagi penyebaran Islam di Yunnan dianggap berasal dari putra Sayyid -i Ajall itu , Nasir al- Din ( yang Nescradin dari Marco Polo , . d 1292 ) . . Sebuah keturunan selanjutnya adalah Ma Chu ( ca. 1630-1710 ) yang terkenal yang diterbitkan bekerja , yang disebut " The Magnetic Needle Islam " . "

Melompat ^ ( ) Raphael Israel ( 2002) . Islam di Cina : agama, etnis , budaya , dan politik . Lexington Books . p . 284 . ISBN 0-7391-0375 - X . Diakses 20 Desember 2011 . " Setidaknya dua dari para komandan di kepala ... adalah orang Arab : . Tengah Sayyid Bayan ( Po -yen , Boyan ) ( 1235-1294 ) dan tengah Sayyid Adjall ( Edjell ) Syams al - Din ' Umar ( 1211-1270 ) yang Khan memutuskan mereka untuk menjadi warga negara kelas dua dari Kekaisaran Mongol ... Salah satu komandan Muslim Kubilay adalah yang Bukharan , yang mengaku sebagai sayyid , yaitu keturunan Nabi , Syams al - Din ' Umar , yang disebut Sayyid Adjall , mengingat oleh Khan Agung judul Cina transliterasi Sai - tien - ek'e ( Saidanche ) . Dia adalah gubernur Kubilay yang dari barat daya provinsi Yunnan Cina untuk periode 1273 sampai kematiannya pada 1279 . Ia dimakamkan di sana, dan makamnya , dengan prasasti tersebut , kemudian ditemukan pada pembukaan abad kedua puluh oleh Perancis Misi d' Ollone , kuburan kedua juga ada di Hsi -an ( Xian ) , juga dengan sebuah prasasti , ini menjadi tugu peringatan yang hanya berisi orang mati gubernur seremonial gaun pengadilan "

Melompat ^ ( ) Raphael Israel ( 2002) . Islam di Cina : agama, etnis , budaya , dan politik . Lexington Books . p . 284 . ISBN 0-7391-0375 - X . Diakses 20 Desember 2011 . " Sayyid Adjall mungkin melakukan banyak untuk penyebaran Islam di Yunnan , tetapi anaknya Nasir al- Din yang diberi kredit utama untuk penyebarannya di sana. Yang terakhir telah Gubernur Shenxi , dan ketika ia meninggal di Yunnan sebagai gubernur ada tahun 1292 , ia digantikan oleh Husain saudaranya . putra lain Sayyid Adjall dan anak-anak mereka pada gilirannya memegang jabatan tinggi di bawah kaisar Yuan , dan keluarga tetap terkenal di kehidupan orang Tionghoa . demikian terkenal sarjana Ma Zhu ( Mazhu ) ( ca . 1630-1710) diawasi renovasi "

Melompat ^ ( ) Meaghan Morris , Brett De Bary , ed . ( 2001) . " " Race " panik dan memori migrasi " . Jejak . Volume 2 ( Ithaca , NY : Hong Kong University Press ) . p . 297 . ISBN 962-209-561-5 . Diakses 20 Desember 2011 . " Selain para prajurit dan pejabat yang tiba dengan pasukan Mongol di Yunnan pada tahun 1253 Muslim , banyak Muslim lainnya menetap di sini juga , dan dalam 50 tahun penduduk Muslim di wilayah itu cukup besar untuk diperhatikan oleh Rashid al- din ( sejarawan Persia ) dan Marco Polo dalam tulisan mereka ... di antara dua belas putra Sayyid ' Ajall dan banyak cucu , banyak disajikan di seluruh China dan ada komunitas Muslim yang tersebar di seluruh negeri yang bisa melacak silsilah mereka kembali kepadanya . jumlah terbesar , bagaimanapun, tetap di Yunnan . putra tertuanya , Nasir al- Din (Bab Na -su -la - ding ) , juga mengadakan jabatan tinggi di Yunnan , dan umumnya dikreditkan dengan menyediakan sumber untuk Han Cina nama keluarga tradisional bahwa semua Muslim diwajibkan oleh negara untuk mengadopsi selama periode Ming (1368-1644 ) . Dalam Yunnan , setelah Ma ( nama keluarga yang berasal dari transliterasi dari nama Nabi Muhammad ) nama keluarga yang paling umum bagi umat Islam adalah Na , Su , La , dan Ding . "

Melompat ^ Shih - Shan Henry Tsai : Perpetual Happiness : Kaisar Ming Yongle . Washington Press 2002, hal . 38 ( copy secara online terbatas

Referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Sayyid_Ajjal_Shams_al-Din_Omar

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  ---:: SAYYED AJALL ::---

 Gubernur provinsi Dali/Yunnan di Cina selama periode Dinasti Mongol/Yuan .

SAYYED ( - E ) AJALL , Sams - AL - DIN ʿ OMAR BOḴĀRI ( b. Bokhara , 1211 , d Sansan [ Kunming ] di barat daya Cina , 1279 . ) , Gubernur provinsi Dali di Cina selama periode Mongol . Lahir dari keluarga Ḵvārazmi terkemuka, Sayyid Ajall ( Cina: Saidianchi ) memasuki layanan Mongol sebagai anak muda , setelah kakeknya dan senama , seorang komandan pasukan berkuda tentara Ḵvārazmšāh , menyerah kepada Mongol . Kakeknya berhasil mengambil hati ke pemenang Mongol dengan menawarkan jasa dan orang anaknya dan cucu mereka, bersama dengan hadiah termasuk macan tutul dan elang putih bergaris ( Yuan Shi , di Armijo - Hussein , hal 17; . . Buell , p 467 ) . Tindakan kakeknya memastikan keamanan keluarga dan masa depan Sayyid Ajall sebagai anggota elit pengawal Cengiz Khan ( kesig ) , yang dalam jajaran ia akan menerima pelatihan khusus dan pendidikan yang akan memenuhi syarat dia untuk menganggap tulisan tertinggi dalam cepat berkembang global, multikultural , multietnis negara.

Personil militer bersama dengan pengrajin , teknisi , dan pekerja terampil memiliki sedikit pilihan selain untuk menerima gangguan dan pergolakan sering ireversibel dalam hidup mereka yang menyerah kepada Mongol yang terlibat , tetapi bagi banyak pengusiran dan penyebaran ke tujuan yang tidak diketahui lain dalam kerajaan memperluas membuka kesempatan unik . Dengan ikatan tradisional kesetiaan dan pelayanan tidak dapat ditarik kembali rusak, generasi baru pelayan setia dan sangat terampil muncul untuk membentuk tulang punggung administrasi negara kekaisaran mekar . Ini korps baru, dan khususnya mereka yang masuk sebagai anak-anak atau dilahirkan ke layanan Mongol , tidak perlu diragukan lagi berutang kesetiaan kepada mereka awalnya Mongol master , dan aspirasi mereka naik melalui pangkat dan bergabung dengan elit multi-etnis tumbuh . Bagi mereka pilih yang masuk Agung Khan pengawal , kesig nya , rasa kesetiaan diterapkan bahkan lebih tajam , dan semua sumber identitas seperti klan , agama , dan provinsi akan menjadi sekunder untuk kebanggaan milik seperti korps terkenal .

Yuan Shi biografi Sayyid Ajall ( Terj. di Armijo - Hussein , hlm 17-26 , 245-51 ) membingungkan tahun-tahun awal hidupnya , seperti itu mungkin ayahnya , Kamal al -Din , yang diambil sebagai a " sandera " dan dipaksa untuk melayani sebagai pengawal Cengiz Khan , daripada Ajall Sayyid sembilan tahun . Itu juga ayahnya kepada siapa julukan keluarga , Sai - tien - Qi San- ssu - ting , " Saiyid Elei , " atau Sayyed Utusan Sams din (yaitu , SAM - al- Din ) pertama kali dipasang oleh Mongol nya master , yang seperti biasa bingung dengan string nama Persia .

Posisi resmi Sayyed Ajall pertama datang pada 1229 , ketika dia diangkat yeke (besar atau imperial ) darugači (lihat DĀRUḠA ) untuk provinsi Feng , Cing , dan Yun - nei bawah Ogedei Qa ʾ AN dan kemudian beberapa tahun kemudian dāruḡači di T'ai - yuan dan P'ing -yang. Meskipun judul menyarankan penurunan jabatan , kenyataannya adalah bahwa posisi baru dilakukan tanggungjawab yang jauh lebih banyak dan bahwa ia bertindak sebagai wakil dari dua rumah pangeran dan QA ʾ AN , bukan semata-mata untuk Ogedei qa ʾ AN , yang akan berjudul dia penambahan yeke . Dalam beberapa tahun Ajall Sayyid muda dianugerahi kekuatan lebih dan prestise ketika ia membuat yarquči ( hakim atau pengantara ) untuk wilayah Cung - tu , ibukota tanah utara pernah diadakan oleh CIN tersebut . Tugasnya saat ini akan melibatkan pendaftaran penduduk , penilaian dan alokasi perpajakan , dan dispensasi keadilan . Saat itu di periode ini karirnya yang resmi naik ditemui Mahmud Yalavāj , salah satu yang paling berpengaruh dan kuat dari generasi baru administrator dari Turkistan . Sangat mungkin bahwa Ajall Sayyed juga bertugas di bawah Qubilai Khan dalam beberapa kapasitas selama tahun-tahun awal karena Rasid - al- Din Fazl - Allāh catatan Mongke Khan meminta izin dari kakaknya , Qubilai , untuk menggunakan layanan Ajall yang Sayyed selama kampanye Sichwan melawan Song tahun 1253 ( Rasid - al- Din , tr . , hal. 287 ) . Hal ini diketahui bahwa Ajall Sayyid diatur persediaan dan ketentuan untuk pasukan lapar dan kelelahan Qubilai ketika mereka pertama kali tiba di Dali selama kampanye Yunnan dari tahun 1250 -an , yang membuat kesan yang sangat menguntungkan di Great Khan masa depan . Apapun posisinya , ia tampaknya telah menyimpan profil rendah selama tahun-tahun berbahaya dan bergolak pemerintahan Ogedei dan muncul pada 1251 terkait dengan pengikut Qubilai , dan dengan demikian ia kembali dikirim ke Cang - tu sebagai yarquči untuk menenangkan dan mengendalikan tentara dan orang-orang , posisi dia tetap selama satu dekade lebih ( Bell , hal. 468 ) .

Setelah kematian Mongke qa ʾ AN pada tahun 1259 , Qubilai ditunjuk hamba setia dan semakin dipercaya sebagai raja muda barat Cina yang berbasis di Cing - č'ao , menuju sebuah dewan sekretaris regional untuk ini penting rute perdagangan utara - selatan yang menghubungkan heartlands Mongol dengan Sichwan , Yunnan , dan seterusnya sepanjang serangkaian lembah dan pegunungan tinggi. Sebagai kepala eksekutif administrasi , Sayyed Ajall mengambil alih tanggung jawab militer sebelumnya dikendalikan dari Sichwan dan melakukan survei populasi , memulai reformasi fiskal , dan re - strukturisasi pemerintah daerah dalam rangka untuk menempatkan seluruh daerah dan semua otoritas lokal tegas di bawah kendali dewan sekretaris daerah ( Yuan Shi , di Armijo - Hussein , hal.18 , . Buell , hal 472 ) .

Pada 1270 Sayyed Ajall dipindahkan ke Sichwan yang tepat , di mana ia mengambil kendali pribadi operasi terhadap Song sebagai Qubilai Khan diperbaharui tekanan militer atas rezim China untuk konfrontasi terakhir . Dia berpartisipasi dalam tanah penting dan pertempuran sungai dalam mendukung pengepungan Mongol dari Hsiang -yang , yang angka begitu menonjol dalam sumber-sumber Cina . Pusat untuk sukses ini pengepungan dua insinyur militer Persia , ʿ ala ʾ al- Din dari Ma - fa - li ( Mayyāfāreqin ) dan ESMA ʿ il ( I- ssǔ - ma - yin ) mungkin dari Shiraz , yang kontribusinya diterima mereka entri di Yuan Shi dan yang memberikan contoh kontribusi penting yang dibuat oleh Barat 'untuk pertumbuhan negara global Toluid (lihat Moule , 1956 , hlm 70-78 ) .

Pada 1273 Ajall Sayyid diangkat untuk membentuk dewan daerah lain sekretaris di Dali , Provinsi Yunnan , yang telah di bawah kontrol Mongol nominal sejak 1253 , ketika telah menemukan dalam strategi militer yang luas untuk mengelilingi pasukan Lagu selatan . Namun, kampanye yang berakhir dengan bencana ketika pasukan Mongol telah menginvasi Vietnam dan telah menyerah terhadap penyakit dan taktik gerilya dari pasukan Viet lokal , yang mengarah ke sebuah retret memalukan dan kekalahan pertama kekaisaran utama ( Warder , hlm 86-105 ) .

Satu-satunya resistensi dia yang Sayyed Ajall meramalkan dalam pengangkatannya sebagai gubernur provinsi itu dari Pangeran Toqur , Mongol pengawas lokal dalam komando garnisun militer di Dali . Pangeran Toqur waswas ketika berita sampai kepadanya bahwa Ajall Sayyed telah dikirim ke arahnya dengan tentara bahwa ia ditafsirkan sebagai ancaman terhadap kekuasaannya dan dia mempersiapkan diri untuk konfrontasi militer . Sayyid Ajall berhasil meredakan situasi dengan mengirimkan putranya , Naser al -Din , sebagai wakil pribadinya untuk mengumumkan kedatangannya dan menyarankan untuk diselenggarakannya suatu dewan daerah yang wakil sang pangeran akan diundang untuk berpartisipasi . Dia kemudian mendirikan sekretariat daerah itu , di mana Naser al -Din berpartisipasi dan mana Pangeran Toqur ditunjuk dua pengikut sendiri sebagai yarqučis . dan situasi volatile berhasil disebarkan ( Yuan Shi , di Armijo - Hussein , hal 21; . . Buell , hal 476 ) .

Dihadapkan dengan provinsi secara efektif di bawah kekuasaan militer , Sayyid Ajall harus mendirikan pemerintahannya tidak hanya di bagian atas menggantikan pemerintah dasar oleh garnisun pendahulunya tetapi juga di akar rumput di mana ia bertujuan untuk menciptakan hubungan langsung dan mendorong keikutsertaan dan dukungan . Dia melakukan sensus dan re-organisasi pemerintahan fiskal sementara pada saat yang sama menghasut unit administratif sipil untuk menggantikan campuran unit militer dan suku yang telah dioperasikan di bawah Toqur . Pengenalan sistem pos ( yam > Pers . Yam ) di seluruh provinsi dan daerah sekitarnya memfasilitasi arus komunikasi , intelijen , dan arahan dan konsolidasi hubungan dengan pengadilan Qubilai Khan , mempercepat integrasi Yunnan ke dalam kerajaan dengan semua manfaat yang dibawa . Pembentukan ubi juga memastikan bahwa arahan Sayyid Ajall yang diterapkan dan bahwa ia memiliki cara untuk mengukur reaksi dan tingkat keberhasilan ( Buell , hal. 476 ) .

Sayyid Ajall tidak menerapkan salah satu institusi yang beroperasi di sebagian besar tanah di bawah kendali Qubilai , setelah benar menilai reaksi lokal untuk apa yang terbukti menjadi ukuran tidak populer dan tidak praktis . Ini telah diusulkan untuk menggantikan mata uang lokal kerang cowrie bersama dengan logam mulia dengan catatan kertas Yuan yang luas digunakan di sebagian besar bagian lain dari wilayah Yuan . Sebuah percobaan yang sama dipaksakan pada orang-orang dari Il - khanat ( qv ) di barat dengan hasil malapetaka dan keruntuhan keuangan dekat nasional sebelum percobaan itu ditinggalkan . Sayyid Ajall memiliki cukup pandangan ke depan dan keberanian untuk menolak tekanan dari pengadilan pusat untuk memberlakukan sistem tersebut begitu asing bagi rakyat provinsi , dan permohonannya untuk Qubilai Khan akhirnya diterima ( Buell , p 476 , . Lane , hlm 30 - 31; Armijo - Hussein , hal 176 ) . .

Ajall Sayyed , bagaimanapun, adalah jauh lebih dari seorang administrator mampu dan sensitif dan reputasi dan warisan berutang lebih untuk karyanya di bidang lain seperti pendidikan , agronomi , dan dorongan dari lembaga keagamaan . Karyanya dalam mengembangkan sistem irigasi dan kanal , masih terlihat hari ini , bersama dengan lebih terkontrol dan efisien drainase tanah , memungkinkan budidaya padi basah - lapangan, meningkatkan jumlah lahan budidaya , dan produksi pangan umumnya ditingkatkan . Salah satu efek langsung dari dorongan ini untuk hasil pertanian adalah diversifikasi tanaman dan migrasi petani dan pekerja Cina ke provinsi lama dianggap terbelakang dan dihuni oleh barbar . Kedua perkembangan ini memiliki dampak positif pada ekonomi dan budaya Yunnan , membawa peningkatan kesejahteraan dan manfaat , yang juga mensyaratkan akses ke pasar yang lebih luas dan modal ( Buell , hlm 476-77 , . Lane , hal 30 ) .

Pengembangan ekonomi lokal adalah prioritas bahwa ia ditetapkan sebelum pemerintahannya baru didirikan . Satu anekdot terkenal catatan dia berdebat dengan penduduk setempat atas tingkat perpajakan bahwa ia harus memaksakan pada petani . Yang istimewa adalah bahwa meskipun Ajall Sayyed berpendapat bahwa pajak harus diturunkan sebagai insentif bagi produsen . Selain itu ia mengusulkan sistem pinjaman dan investasi bagi masyarakat lokal dan bisnis dan pelaksanaan ambisius , meskipun proyek yang sangat praktis , pertanian dan industri , termasuk eksploitasi sumber daya daerah ' mineral melalui pertambangan, pembangunan irigasi dan sistem rekayasa hidrolik , dan pengenalan tanaman baru dan metode pertanian . Untuk mendukung semua inovasi ini , sistem komunikasi sangat penting dan , sebagai gubernur , ia mengawasi perluasan dan peningkatan jaringan yam . Secara keseluruhan, selama periode Yuan tujuh puluh delapan stasiun pasca - relay, empat di antaranya didasarkan air , didirikan . Menyadari bahwa penerapan berbagai proyek ambisius juga dapat menyebabkan imigrasi skala besar dari Cina Han , Sayyed Ajall membuat pengenalan program pendidikan yang efektif dan praktis menjadi prioritas utama, dan ia berangkat untuk memastikan bahwa kesempatan pendidikan harus dibuka untuk semua kelas , tidak hanya untuk anak-anak elit lokal dan tokoh-tokoh . Bukti keberhasilannya adalah dalam kenyataan bahwa kebijakannya dilanjutkan setelah kematiannya oleh penerusnya . Salah satu institusi yang ia memulai adalah xuetian , mirip dengan wakaf Islam , yang merupakan lahan pertanian khususnya disisihkan untuk mendukung jalannya sekolah . Mulai di Dali , jaringan sekolah dengan cepat menyebar ke seluruh provinsi sengaja menargetkan penduduk lokal untuk mengurangi ketergantungan pada komunitas imigran China Han . Dia secara pribadi mengatur xuetian dengan gajinya sendiri untuk mendukung lima puluh lima sekolah , berharap dengan contoh sendiri untuk meyakinkan orang lain tentang pentingnya pendidikan , dan keberhasilannya mendorong orang lain untuk mengikuti teladannya ( Lane , pp.32 - 33 ; Armijo - Hussein , hlm 205-8 , Yuan Shi , di Armijo - Hussein , hlm 22-23 ) .

Meskipun Sayyed Ajall adalah anggota Muslim dan banyak dari rombongannya dan tentara juga Muslim , ia sangat menyadari perannya sebagai menteri utama dari rezim yang mengaku rasa hormat terbesar bagi Konfusius dan budaya Cina. Dia karena itu aktif dalam menyebarkan cita-cita Konfusianisme dan praktek , yang termasuk bangunan candi di pusat-pusat populasi besar dan pengenalan aspek ritual dan formal tradisi Konfusian bersama dengan perkawinan Cina dan upacara pemakaman ( Buell , hal. 477 ) . Perannya dalam membangun Islam secara permanen di Yunnan mungkin telah berlebihan , dan secara umum diterima bahwa sudah ada kehadiran Muslim ketika ia pertama kali tiba dan bahwa tentara Mongol yang seharusnya garrisoned di provinsi ini akan memiliki kontingen Muslim. Namun , Sayyed Ajall tentu dipelihara masyarakat Muslim yang mulai menetap dalam jumlah yang meningkat setelah kedatangannya , dan ia dikenal telah membangun setidaknya dua masjid ( Buell , p 477 , . Lane , hlm 3-4 ) . Dia melihat Islam serta Konfusianisme dan Buddhisme sebagai kekuatan positif untuk membudayakan apa yang dianggap sebagai terbelakang dan wilayah barbar dan , karena itu, sangat bersedia untuk bertindak sebagai pelindung bagi lembaga-lembaga spiritual . Karena Konfusianisme pada dasarnya politis daripada religius , Sayyed Ajall menemukan mereka dalam praktek untuk menjadi jauh dari yang tidak kompatibel . Anehnya , toleransi tercerahkan , karakteristik lama dari Mongol elit , terbangun skeptisisme sejarawan modern seperti Ch'en Yuan ( hal. 59 ) dan Carrington Goodrich ( hal. 8 ) , yang mempertanyakan ketulusan iman Islamnya . Kekuatan terbesarnya biasanya terbukti menjadi hormat dan sopan yang ia menawarkan untuk semua yang dia temui .

Begitu Ajall Sayyid turun dari keretanya [ memangku jabatan itu ] , ia terus menerima tamu , tidak pernah melihat cahaya hari . Bahkan ketika menerima hadiah [ sesuatu yang sederhana seperti ] panci bubur , dia selalu akan menerimanya dengan senyum , dan membalas dengan hadiah yang sangat murah hati. Setelah itu , mereka semua datang , dari jauh dan dekat , untuk menyerahkan damai ( Zhang Hong , Nanyi SI, dikutip oleh Armijo - Hussein , hal. 189 ) .

Sementara semangat menteri baru dan kepercayaan perannya dan keinginan tulus untuk membawa buah dan keuntungan dari kekaisaran ke daerah terpencil ini ditemukan pengagum dan banyak dukungan koperasi , perlawanan terus dari orang-orang yang kepentingannya dia marah . Pangeran Toqur telah bergabung dengan pemerintahan model baru enggan sementara pejabat lokal lainnya telah meluncurkan kampanye pencemaran nama baik ingin memiliki gubernur dipanggil kembali ke pengadilan untuk menjawab tuduhan fitnah mereka. Namun , setelah layanan seumur hidup yang setia , Qubilai memiliki iman lengkap dalam pengangkatannya dan semua upaya fitnah dan merusak situasi Ajall Sayyed tidak berhasil .

Lebih serius beberapa pemberontakan lokal dan perlawanan terhadap otoritas baru , yang dilakukan oleh beberapa suku lokal di daerah-daerah terpencil dan tidak dapat diakses dari provinsi . Dua episode dikutip dalam bukunya "resmi " biografi dalam Yuan Shi tepat melayani untuk menggambarkan metode yang disukai nya penyelesaian konflik dengan menggunakan otak bukan otot . Dalam Jiaozhi (yaitu , Hanoi ) serangkaian panjang pertemuan kekerasan rupanya memburuk hubungan dapat dibatalkan . Namun , dibujuk untuk hadir secara langsung pertemuan di Yunnan sebagai tamu gubernur baru , pangeran Jiaozhi sangat terkesan dengan penerimaan dan kehormatan menganugerahinya bahwa dia memerintahkan penghentian segera semua permusuhan sekembalinya dan berjanji setia kepada yang Ḵānbaleq ( Pekin , ibukota kerajaan Mongol ) rezim . Hasil serupa dicapai dengan para pemimpin pemberontak Luopan Dian , 100 km sebelah selatan - barat daya dari masa kini Kunming , meskipun beberapa upaya diplomatik sebelumnya di rekonsiliasi . Setelah para pemberontak menyaksikan bagaimana Ajall Sayyid berurusan dengan pembangkangan di antara pasukan sendiri marah pada kecepatan berkepanjangan dan frustasi dari negosiasi , mereka memutuskan mereka berhadapan dengan orang terhormat dan berprinsip yang bisa dipercaya ( Yuan Shi , di Armijo - Hussein , p . 25 ) .

Sayyid Ajall meninggal pada 1279 pada usia enam puluh delapan setelah lima tahun tinggal dan bekerja di Yunnan , dan pemakamannya adalah kesempatan untuk menampilkan luas publik berkabung karena ia dimakamkan di luar gerbang utara Sansan [ Kunming ] . Bahkan raja Jiaozhu , musuh sengit satu kali , mengirimkan delegasi dua belas pelayat sepenuhnya berpakaian , yang disampaikan elegi ini : " Dia melahirkan kita, dan mendidik kita , dan kita meratapi dia sebagai ayah kami dan sebagai ibu kami , " yang diikuti oleh ratapan dan tangisan tak terkendali ( Armijo - Hussein , hal. 27 ) . Dalam pengakuan prestasinya , Qubilai Khan memerintahkan bahwa kebijakan dan proyeknya harus dilanjutkan tanpa modifikasi . Nya lima anak semua berada di posisi eksekutif di pemerintahan dan mereka memastikan bahwa warisan dan kebijakan terus berlanjut. Qubilai menunjuk putra tertua , Naser al -Din , yang telah komandan tentara di bawah ayahnya , sebagai penggantinya .

Keturunan Sayyed Ajall yang muncul di berbagai tempat dan posisi yang tak terduga . Di Hangzhou , batu nisan di Masjid Phoenix , ( dibangun tahun 1281 ) , membuktikan peran berpengaruh satu keturunan , sementara batu nisan lain dalam Zayton menunjukkan peran yang sama di pelabuhan itu juga. The Safawi sejarawan , Giat - al- Din Ḵvandamir ( Terj. Thackston , intro . , Hal . Ix ) , klaim keturunan di sisi ibunya . Rasid - al- Din ( Terj. , hal. 288 ) mencatat kasih sayang dari seorang cucu , Bayan Finjan Abu Bakar , dan pengakuan dan penghargaan dari Agung qa ʾ AN . Di Yunnan sampai hari ini komunitas Muslim melihat ke belakang dengan kebanggaan dan kasih sayang kepada Ajall Sayyed . Meskipun berlebihan , tidak ada keraguan bahwa Ajall Sayyid bertanggung jawab untuk pembentukan damai dan asimilasi komunitas yang cukup besar Muslim di Yunnan .

Bibliografi :

Thomas T. Allsen , Kebudayaan dan Penaklukan Mongol di Euresia , Cambridge dan New York , 2001. Reuven Amitai - Preiss dan David Morgan , eds . , Kekaisaran Mongol dan Legacy nya , Boston dan Leiden , 1999. Jacqueline Misty Armijo - Hussein , " Sayyid ʿ Ajall Syams al -Din : Seorang Muslim dari Asia Tengah , Melayani Mongol di China , dan Membawa ' Peradaban ' ke Yunnan , " Ph.D. diss . , Harvard University , 1996 , esp . hlm 17-26 , 245-51 ( biografi Sayyid Ajall , tr . dari Yuan Shi ) . Shouyi Bai , Huizu renwuzhi , Yinchuan , Ningxia renmin chubanshe , Yuandai , 4 jilid . , 1985-1997 . Faḵr - al- Din Abu Dawud Solaymān Banākatī , Tarik - e Banākati : Rawżat al- ule'l - Albab fi ma ʿ refat al- tawāriḵ wal - ansāb , ed . Ja ʿ jauh se ʿ ar , Teheran , 1969. Emil Bretschneider , Penelitian abad pertengahan dari Timur Asiatic Sumber : Fragmen terhadap Pengetahuan tentang Geografi dan Sejarah Asia Tengah dan Asia Barat dari tanggal 13 ke abad ke-17 , New Delhi , 2001. Paul D. Buell , " 28 . Sayyid Ajall (1211-1279) , " di Igor de Rachewiltz , ed , Di Dinas Khan : . Personalities Eminent dari Awal Mongol - Yuan Periode (1200-1300) , Wiesbaden , 1993 . Yuan Ch'en , Barat dan Tengah Asia di Cina di bawah Mongol : Transformasi mereka ke Cina, tr . dan dijelaskan Ch'ien Hsing -hai dan Luther Carrington Goodrich , Monumenta Serica , Monografi Seri XV , Los Angeles , 1966.

Dasheng Chen, Quanzhou Yisilan jiao shi ke, tr. Enming Chen as Islamic Inscriptions in Quanzhou (Zaitun), Fujian, China, 1984.

Combined Indices to Thirty Collections of Liao, Chin, and Yuan Biographies, Harvard-Yenching Institute Sinological Index Series, no. 35, 2nd ed., Tokyo, 1960.

Georges Cordier, Les Musulmans du Yunnan, Hanoi, 1927.

Ma Enhui and Changping Zhu, Saidianchi: Shansiding, Yinchuan Shi, 1987.

David M. Farquhar, “Structure and Function in the Yuan Imperial Government,” in John Langlois, ed., China Under Mongol Rule, Princeton, 1981.

Carrington Goodrich, “Westerners and Central Asians in Yuan China,” Oriente Poliano, 1957. Louis Hambis, Le Chapitre CVIII du Yuan Che, Leiden, 1954.

John Herman, “Mongol Conquest of Dali: The Failed Second Front,” in Nicola di Cosmo, ed., Warfare in Inner Asian History (500-1800), Leiden, 2002, pp. 295-335.

Ḡiāṯ-al-Din Moḥammad Ḵvāndamir, Tāriḵ-e ḥabib al-siar, 4 vols., Tehran, 1954; tr. Wheeler M. Thackston as Habib’s-siyer, 3 vols, Cambridge, Mass., 1994.

George Lane, “The Dali Stele,” in Nurten Kilic-Schubel and Evrim Binbash, eds., Intellectual and Cultural Studies: Feschrift in Honour of Prof. Isenbike Togan, Istanbul, 2011.

Lao Yuan-shuan, “The Chung-t’ang shih-chi of Wang Yün,” Ph.D. diss., Harvard University, 1962.

Donald D. Leslie, Islam in Traditional China: A Short History to 1800, Canberra, 1986.

Idem, The Integration of Religious Minorities in China: The Case of Chinese Muslims, Canberra, 1998.

John Man, Kubilai Khan, London, 2003.

Fredrick W. Mote, Imperial China 900-1800, Cambridge, Mass., 1999.

Arthur C. Moule, Christians in China before The Year 1550, London, New York, and Toronto, 1930.

Idem, Qinsai: Notes on Marco Polo, Cambridge, 1956.

Henri M. G. d’Ollone, Recherches sur les musulmans chinois (Mission d’Ollone 1906-1909), Paris, 1911.

Paul Pelliot, Notes on Marco Polo I, Paris, 1959. Luciano Petech, Central Tibet and the Mongols: The Yüan Sa-Skya Period of Tibetan History, Rome, 1990.

Marco Polo, The Book of Ser Marco Polo, The Venitian: Concerning the Kingdom and Marvels of the East, tr. Henry Yule, ed. Henry Cordier, 3rd ed., London, 1903.

Igor de Rachewiltz and M. Wang, Index to Biographical Material in China and Yuan Literary Works, Canberra, 1979.

Igor de Rachewiltz and M. Wang-Lou Chan-mei (Zhanmei Lou), Repertory of Proper Names in Yüan Literary Sources, 3 vols., Taipei, 1988.

Igor de Rachewiltz et al., eds., In The Service of The Khan: Eminent Personalities of the Early Mongol-Yüan Period 1200–1300, Wiesbaden, 1993.

Rašid-al-Din Fażl-al-Allāh, Jāmeʿ al-tawāriḵ, ed. Moḥammad Rowšan and Moṣṭafā Musawi, 4 vols., Tehran, 1994; partially tr. John Andrew Boyle as The Successors of Chenghiz Khan, New York, 1971.

Idem, Tāriḵ-e Čin az Jāmeʿ al-tawāriḵ-e Rašid-al-Din Fażl-Allāh, ed. Yidan Wang, Tehran, 2000.

Idem, Jāmeʿ al-tawāriḵ: Tāriḵ-e Hend wa Send wa Kašmir, ed. Moḥammad Rowšan, Tehran, 2005.

Idem, Jāmeʿ al-tawāriḵ: Tāriḵ-e aqwām wa pādšāhān-e Ḵetāy, ed. Moḥammad Rowšan, Tehran, 2006.

Morris Rossabi, “The Muslims in the Early Yuan Dynasty,” in John D. Langlois, ed., China Under Mongol Rule, Princeton, 1981.

Idem, Khubilai Khan: His Life and Times, Berkeley, 1988.

Kôdô Tasaka, Chûgoku ni okeru Kaikyô no denrai to sono gutsû (Islam in China: Its Introduction and Development), 2 vols., Tôyô bunko ronsô XLIII, Tokyo, 1964.

Arnold Jacques Vissiere, “Le Sayyid Edjell Chams ed-Din Omar (1210-1279) et ses deux sepultures en Chine,” Revue du Monde Musulman 4/2, Feb. 1908, pp. 340-46. Idem, Etudes Sino-Mahometanes, Paris, 1911.

E. Wang, and Hok-Lam Chan, The Fall of the Jurchen Chin: Wang E's memoir on Ts’ai-chou under the Mongol siege (1233-1234), Stuggart, Steiner, 1993.

Vu Hong Lien Warder, “Mongol Invasions of South-East Asia and Their Impact on Relations between Đại Việt and Champa (1226-1326CE),” Ph.D. diss., University of London, 2007.

Na Weixin (Sayyed ʿIsā), Ma Shixiang (Ebrāhim), and Na Fang (Fāṭema), Yuan Xianyang Wang: Saidianchi: Shansiding shijia (The Noble Family of Sayyed Ajall Omer Shams al-Din), 3rd ed., Beijing, 1996.

Yuan Shi, Chung-hua shu-chü, juan 125, Beijing, 1978, pp. 3063-70 (Yuan Shi’s biography of Sayyed Ajall, see tr. in Armijo-Hussein).

Henry Yule, Cathay and the Way Thither: Being A Collection of Medieval Notices of China, 3 vols, Hakluyt Society, 1914, Klaus Reprints, ed. Henri Cordier, 4 vols., New York, 1967.

(George Lane)

Referensi: http://www.iranicaonline.org/articles/sayyed-ajall